Fanani, Zaenal (2012) Kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi pendidikan: Studi kasus di SMP Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710044.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberhasilan kepala sekolah dalam melaksanakan tugasnya, tergantung pada kepemimpinannya. Efektivitas pengelolaan bidang garapan sekolah dan kegiatan pembinaan tergantung pada efektivitas kerja personal sekolah. Efektivitas kerja personel ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. Apabila kepala sekolah mampu menggerakkan, membimbing, dan mengarahkan para personel secara tepat akan bisa membawa organisasi sekolah pada keberhasilan yang optimal. Untuk menjalankan peran kepemimpinannya secara berhasil, kepala sekolah mutlak harus memiliki gaya kepemimpinan yang tepat. Kepemimpinan yang relevan dengan tuntutan school based management yang berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan di sekolah adalah kepemimpinan yang mempunyai jiwa inovasi yang tinggi dan tidak pernah jenuh akan sesuatu yang bersifat baru. Berdasarkan latar belakang tersebut maka yang menjadi fokus penelitian kali ini adalah (1) Bagaimanakah gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi pendidikan, (2) Bagaimana strategi Kepala Sekolah dalam inovasi pendidikan. Dari fokus penelitian tersebut diteliti dengan tujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam inovasi pendidikan dan untuk mengetahui strategi yang dilakukan kepala sekolah dalam inovasi pendidikan.
Dalam penelitian kali ini menggunakan pendekatan kualitatif, Adapun proses pengumpulan data menggunakan cara (1) observasi partisipasi, (2) wawancara mendalam dan (3) dokumentasi. Sumber data melalui orang, tempat, aktivitas, dan simbol. Data yang telah dihimpun diedit dan diseleksi untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik análisis diskriptif kualitatif yakni análisis dalam bentuk kata-kata atau gambar bukan angka. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan pengecekan keabsahan melalui: meliputi: kredibilitas, transferabilitas, dipendabilitas dan konfirmabilitas.
Hasil análisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) Dalam menjalankan tugas sebagai kepala sekolah gaya kepemimpinan yang dipergunakan adalah disaat-saat tertentu kepala sekolah memakai gaya kepemimpinan otoriter akan tetapi lebih banyak mempergunakan gaya kepemimpinan demokratis dan sama sekali tidak bergaya kepemimpinan laissez faire (2) Strategi kepala sekolah dalam inovasi pendidikan antara lain: (a) Strategi Pemaksaan, meliputi: (i) Tuntutan kewajiban personalia (guru/staff) sesuai dengan standarisasi yang telah ditentukan oleh pemerintah, (ii) Tuntutan kewajiban yang telah ditetapkan bersama, (iii) Kedisiplinan dan tanggung jawab sesuai dengan yang ditugaskan/jabatan masing-masing personalia. (b) Strategi Empirik Rasional, meliputi: (i) Pemenuhan kebutuhan, (ii) Proaktif dan relevansi kebutuhan, (iii) Implementasi ide berdampak positif, (iv) Mulai dari yang sederhana, (v) Mulai dari yang ada dan tidak mengada-ada, (vi) Yakin dan percaya diri, (vii) Selalu meningkatkan kinerja, dan (viii) Berani ambil resiko. (c) Strategi Normatif Re- edukatif, meliputi: Mengatur lingkungan kondusif, (ii) Menjalin kerja sama, (iii) Pengembangan Sumber Daya Manusia, (iv) Motivasi kedisiplinan kerja, dan (v) Motivasi studi.
ABSTRACT
The succeed of head master in doing his duty, depends on his leading (the way he leads the institution). The effectiveness of school subject organizing and the handling of its also depends on the effectiveness of school personel’s work. The effectiveness school personel’s work fixed by the leading of the head master. If the head master able to motivate its personnel, to guide and to show wisely, will bring the school organization into optimal succesfullness. To lead in succesfull way, the head master must have the exactnleading style. The leading which is relevant with school based management that oriented to the improvment of education quality at school is the leading with high innovation soul and never satisfy of something new. Base on that background, this research focus on (1) How is the head master’s leading style in innovation of education, (2) How is the head master’s strategy in innovation of education. The research focus been researched in purpose to find out the leading style of head master in innovation of education and also to know the strategy of its.
In this research using qualitative approaching. Which data collection process using (1) Participate observation, (2) Deep question, and (3) Documentation. The source go then from people, places, activities and symbols. The data’s which is collected then edited and reorganized then analyz well using qualitative descriptive analyz technique which analyz in from of words or picture not in form of number. To check the validation of data’s. The writes using: credibility, transferablity, dependability, and confirmability.
The result of data analyzing then summarized that (1) In doing his duty as a head master, the leading style taken in certain momment is otoritaire but democratic and not laissez faire at all. (2) The head master’s strategy in innovation of education such as: (a) Pressing strategy: (i) Personel duties pressing (staff/teacher) according to the standard made by goverment, (ii) Duties pressing made by the firm, (iii) Responsible and dicipline each job and duties. (b) Rational empiric strategy: (i) Fulfill the basic needs, (ii) Practive and relevancy base on needs, (iii) Possitive idea implementation, (iv) Simplicity taking, (v) Start from reality and not absurb, (vi) Belief and confidence, (vii) Improvement, and (viii) dare to take a risk. (c) Re-Educative Normative: (i) Well enviconment organizing, (ii) To string relationship, (iii) Personnel improvment, (iv) Dicipline work motivation, and (v) Motivation study.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi and Abidin, Munirul |
Keywords: | Kepemimpinan; Kepala Sekolah; Inovasi Pendidikan; Leading; Head Master; Innovation of Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:29 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:29 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53288 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |