Maulana, Arif (2012) Supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja mengajar Guru: Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri Malang I. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
10710028.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala Madrasah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumberdaya pendidikan yang tersedia di madrasah. Keberhasilan kepala madrasah dalam melaksanakan tugasnya banyak ditentukan oleh kompetensi kepala madrasah itu sendiri. Kompetensi kepala madrasah merupakan faktor yang paling penting dalam menunjang tercapainya tujuan organisasi madrasah. Keberhasilan dalam mengelola kantor, mengelola sarana prasarana madrasah, membina guru, atau mengelola kegiatan madrasah lainnya banyak ditentukan oleh kompetensi seorang kepala madrasah.
Penelitian ini terfokus pada dua hal, yaitu: 1) Bagaimana supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja mengajar guru, 2) Apa kendala kepala madrasah beserta solusi yang dilakukan dalam melaksanakan supervisi, dalam meningkatkan kinerja mengajar guru. Untuk menjawab fokus penelitian tersebut digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan pendekatan ini diharapkan dapat menggambarkan keadaan yang diteliti secara apa adanya sehingga keutuhan fakta yang terjadi di lapangan terjaga.
Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi, a) metode observasi (pengamatan); b) metode wawancara mendalam; dan c) metode dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga prosedur pengumpulan data tersebut dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Kepala madrasah melibatkan wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru-guru senior pada masing-masing bidang dalam melakukan supervisi akademik. (2) Kepala madrasah melakukan supervisi terprogram, pengamatan CCTV dan angket dalam pelaksanaan supervisi akademik. (3) Kepala madrasah melakukan supervisi akademik dengan jadwal yang telah tersusun. (4) Kepala madrasah menggunakan teknik perseorangan (individu) dengan melakukan kunjungan kelas, dan membimbing guru-guru dalam hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan kurikulum madrasah dalam proses pelaksanaan supervisi. (5) Kepala madrasah menggunakan teknik kelompok dalam proses pelaksanaan supervisi dengan melakukan rapat rutin dan mengikutsertakan guru pada pelatihan-pelatihan, seminar, workshop sebagai bentuk pembinaan/supervisi terhadap guru.6) kendala- kendala yang dihadapi yaitu: a) dari seorang guru yang kurang partisipatif terhadap kegiatan supervisi dan kurang apresiasi dari guru yang menjelang usia pensiun sehingga menghambat pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah, b) Kendala waktu pelaksanaan supervisi yang sudah terjadwal seringkali berbenturan dengan kesibukan kepala madrasah di luar dan tugas kepala madrasah yang lain, c) kendala dana yang kurang memadai dalam peningkatan kinerja guru.
ABSTRACT
Principals have a strong role in coordinating, mobilizing and coordinating all resources which are available in madrasah. The success of principal in implements his duties is determined by the competence of the principal itself. The competence of principal is the most important factor to reach the organization goal of madrasah. The success in managing the office, managing the infrastructure of madrasah, fostering teacher, or managing the other activities of madrasah is determined largely by the competence of principal.
This study is focused on three things: 1) How is the academic supervision which is done by the principal in improving the performance of teachers, 2) What are the constraints of principal and the solution which has done in implementing the supervision, in improving the teaching performance of teacher. To answer the research focus, researcher use a qualitative research approach with the type of case study research. With this approach, it is expected to describe the situation which is observed as it is so that the integrity of the fact that is occured in the field will be maintained.
The data collection methods which are used: a) the observation method (observation), b) in-depth interviews, and c) the documentation method . The data which are collected from all three data collection procedures were analyzed to obtain the research findings.
The findings of this study show that: 1) the principal involved the vice principal of curriculum and senior teachers in their respective fields in the academic supervision 2) the principal did the programmed supervision, CCTV observation and questionnaires in implementing academic supervision 3) the principal do the academic supervision with arranged schedule 4) the principal used the individual techniques (individual) in the implementation process by doing the classroom visits and fostering teachers in matters which are related to the implementation of the madrasah curriculum. 5) the principal used the peer group technique in the process of implementing supervision by doing regular meetings and engage the teachers in training, seminars, workshops as a form of guidance /supervision to the teacher. 6) the constraints which are faced, namely: a) a teacher who is less participation towards the activities of supervision and less appreciation of the approaching retirement age teacher so it hampers the implementation of the supervision which is done by the principal, b) the supervise execution time that have been scheduled are often coincide with the rush of the principal outside and another task, c) inadequate funding in improving teacher performance.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Murni, Wahid |
Keywords: | Supervisi Akademik; Kinerja Guru; Principal; Educational Supervision |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:28 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 10:28 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53283 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |