NURHAMIDA, SITI (2022) Pengaruh body shaming dimedia sosial instagram terhadap self confidence anggota KSR PMI- Unit Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16410032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini didasari karena banyaknya tindakan body shamimng disosial media Instagram yang terjadi di UKM KSR-PMI UIN Malang. Dengan banyaknya stigma atau penilaian yang ada dimasyarakat bisa mempengaruhi persepsi dan perilaku manusia terhadap sesuatu termasuk standarisasi bentuk tubuh ideal. Hal ini memungkinkan seseorang untuk membandingkan keadaan seseorang dengan orang lainnya yang memiliki tubuh yang ideal, kemudian memberikan sebuah komentar negatif yang menimbulkan rasa tidak percaya pada dirinya sendiri. Perlakuan ini sering disebut dengan istilah body shaming.
Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) tingkat body shaming disosial media Instagram 2) self confedence serta, 3) mengidentifikasi pengaruh antara body shaming terhadap self confedence anggota KSR-PMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang baik secara persial maupun simultan.
Penelitian ini adalah sebuah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun skala yang digunakan adalah skala body shaming dan skala self confedence. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sebanyak 59 Anggota KSR- PMI Universitas Islam Negeri Malang dengan kriteria jenis kelamin perempuan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan tingkat tindakan body shaming di sosial media Instagram pada anggota KSR-PMI Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang terdiri dari 3 kategori yakni tinggi 76,2% (45 orang), sedang 20,3% (11 orang) dan rendah 5% (3 orang). Sedangkan tingkat self confedence dalam penelitian ini terdiri dari 3 kategori yakni tinggi 54,2% (32 orang) sedang 44% (26 orang) dan rendah 1,6% (1 orang). Nilai pengaruh body shaming di sosial media Instagram terhadap self confedence -0.184 dengan signifikansinya 0.176 (p>0.05) maka dari itu Ha ditolak dan Ho Diterima. Hal ini bermakna body shaming (X) tidak berpengaruh terhadap self confedence (Y) dengan penjelasan semakin tinggi tindakan body shaming (X) di sosial media Instagram maka tidak mempengaruhi self confedence (Y) anggota KSR-PMI UIN Malang.
ENGLISH:
This research is motivated by the many actions of body shaming on social media Instagram that occur in UKM KSR-PMI State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang. With the many stigmas or judgments that exist in society, it can affect human perceptions and attitudes towards something, including standardization of the ideal body shape. The existence of this ideal body standardization allows a person to compare one's situation with others who have an ideal body and then give negative comments, causing a sense of distrust in that person. This treatment is often referred to as body shaming.
This study aims to determine 1) the level of body shaming in social media Instagram 2) self-confedence and, 3) identify the effect of body shaming on the self- confedence of members of the KSR-PMI State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang either partially or simultaneously.
This research is a quantitative descriptive study with simple linear regression analysis. The scale used is the body shaming scale and self confidence scale. The sampling technique in this study used purposive sampling as many as 59 members of KSR-PMI State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim Malang with female gender criteria.
The results of this study indicate that the level of body shaming on Instagram social media for members of KSR-PMI State University of Maulana Malik Ibrahim Malang consists of 3 categories, namely high 76.2% (45 people), medium 20.3% (11 people) and low 5% (3 people). Meanwhile, the level of self-confidence in this study consisted of 3 categories, namely high 54.2% (32 people) moderate 44% (26 people) and low 1.6% (1 person). The value of the influence of body shaming on social media Instagram on self-confedence is -0.184 with a significance of 0.176 (p>0.05), therefore Ha is rejected and Ho is accepted. This means that body shaming (X) has no effect on self-confedence (Y) with an explanation that the higher body shaming (X) actions on Instagram social media does not affect self- confedence (Y) members of KSR-PMI State Islamic University Maulana Malik Ibrahim Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisor: | Arifin, Zainul |
Keywords: | body shamimng; self confidence; KSR-PMI UNIT UIN MALANG |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology |
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi |
Depositing User: | Siti Nurhamida |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 13:33 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 13:33 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53250 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |