Rohmawati, Binti (2012) Strategi implementasi standar proses pendidikan pada Madrasah Aliyah Darul Hikmah dan Madrasah Aliyah Al-Kautsar Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
09710002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi standar proses pendidikan pada madrasah aliyah Darul Hikmah dan Madrasah Aliyah al-Kautsar Pekanbaru, dengan sub fokus mencakup: (1) standar proses, (2) strategi implementasi, (3) kerjasama komponen madrasah, yang dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Hikmah dan Madrasah Aliyah Al-Kautsar Pekanbaru.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penetapan informan berdasarkan pada pertimbangan bahwa informan benar-benar terkait dengan permasalahan Strategi Implementasi Standar Proses Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Darul Hikmah dan Madrasah Aliyah Al-Kautsar Pekanbaru, yaitu: (1) Kepala sekolah, (2) Waka Kurikulum, (3) Guru bidang studi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan analisis data kualitatif yang terdiri dari (a) reduksi data, (c) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, data harus dapat diterima untuk mendukung kesimpulan penelitian. Oleh karena itu dipergunakan standar keabsahan data yang terdiri dari: (1) kepercayaan, (2) keteralihan, (3) keterandalan, (4) obyektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) standar proses pada Madrasah Aliyah Darul Hikmah menunjukkan bahwa pelaksanaan standar proses bahwa pelaksanaan standar proses pendidikan telah memenuhi kriteria dan pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan, sedangkan pada Madrasah Aliyah Al-Kautsar implementasi standar proses pendidikan perlu ada perhatian dari pihak luar madrasah untuk perkembangan lembaga selanjutnya. (2) Strategi implementasi pada Madrasah Aliyah Darul Hikmah : a) Berupaya meningkatkan kualitas tenaga pendidik yang memberikan waktu dan pengarahan terhadap kebutuhan guru, b) Guru beserta komponennya saling bekerjasama untuk membangun suasana belajar yang efektif, c) Madrasah mengarahkan peserta didik dalam menentukan jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan siswa, d) Adanya sikap keterbukaan sesama komponen Madrasah baik di lingkungan guru maupun di lingkungan siswa, e) Menjalin kerjasama dengan Madrasah lain guna meningkatkan hubungan madrasah dan perkembangan serta kemajuan standar proses pendidikan. Madrasah Aliyah Al-Kautsar berupaya: 1) meningkatkan dan menjaga kerjasamanya di lingkungan internal, 2) mempertahankan budaya sekolah dengan dukungan kurikulum induk, 3) Memberikan kebebasan bagi tenaga pendidik dalam mengolah siswa di lingkungan madrasah.
ABSTRACT
This study aims to determine the strategy implementation process standard of education in madrasa aliyah Darul Hikmah and Madrasa Aliyah al-Kautsar Pekanbaru, with sub focus : (1) a standard process, (2) implementation strategy, (3) cooperation component madrasah, which was conducted in Madrasa Aliyah Darul Hikmah and al- Kautsar Pekanbaru.
The study was conducted using a qualitative approach, data collection techniques in this study using observation, interview and documentation. Determination of informants based on the consideration that the informant actually related to the problems of Strategy Implementation Process Standards In Education Madrasa Darul Hikmah and Madrasa Aliyah Al-Kautsar Pekanbaru, namely: (1) The Principal, (2) Vice principal of Curriculum, (3) Teachers. Data are analyzed by using qualitative research, those are; a) data reduction, b) data representation, c) conclusion. In this research, the data must be acceptable to support the research conclusion. Therefore, used data validity standard such as; 1) credibility, 2) tranferability, 3) dependability, 4) confirmability.
The results showed that: (1) standard at the Madrasa Darul Hikmah Aliyah shows that the standard implementation of the standard implementation process that meets the educational process and the implementation of learning according to the needs of educational institutions, whereas in Madrasa Aliyah Kautsar default implementation of education process needs to exist the attention of outsiders madrasah for further development of the institution. (2) Strategy implementation in the Madrasa Darul Hikmah Aliyah: a) Attempting to improve the quality of teaching staff who give their time and guidance to the needs of teachers, b) Teachers and its components work together to build an effective learning environment, c) direct the Madrasa students majoring in determining accordance with the interests and abilities of students, d) The attitude of openness among components both within the Madrasa teachers and students in the environment, e) Establish cooperation with other Madrasah Islamic schools to improve relations and the development and advancement of standards of the educational process. Madrasa Aliyah Kautsar tried: 1) improve and maintain cooperation in the internal environment, 2) maintain the culture of the school curriculum with the support of the parent, 3) Provide freedom for educators in the process of students in the madrasa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul and Prabowo, Sugeng Listyo |
Keywords: | Strategi Implementasi; Standar Proses Pendidikan; Strategy Implementation; Process Standards of Education |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 10:32 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 14:07 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/53145 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |