Faiqoh, Elok (2015) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam Surat An-Naml Ayat 15-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam adalah proses mengubah tingkah laku individu peserta didik pada kehidupan pribadi, masyarakat dan alam sekitarnya. Proses tersebut dilakukan dengan cara pendidikan dan pengajaran sebagai suatu aktivitas asasi dan profesi asasi dalam masyarakat. Dewasa ini, budaya barat berkembang dengan pesatnya, sehingga hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam terpengaruh secara langsung maupun tidak langsung gaya hidupnya, baik cara berpakaian yang membuka aurat maupun perilaku yang kebanyakan mendatangkan kemadharatan bagi ummat Islam, seperti: sex bebas, korupsi, melupakan kewajiban kepada Tuhan, dan lain-lain yang sangat bertentangan sekali dengan nilai-nilai akhlaq yang diajarkan dalam agama Islam.
Al-Qur’an yang merupakan sumber utama pendidikan Islam telah banyak membahas mengenai pendidikan, baik dalam segi materi, guru, proses pendidikan serta metode pembelajarannya, untuk metode pembelajaran salah satunya yaitu dengan kisah, dalam Al-Quran sendiri banyak sekali tokoh-tokoh yang dijadikan contoh, misalnya; Luqman Hakim, Yusuf dan kisah Sulaiman yang dipilih oleh penulis untuk mengingat kembali kisah Nabi Sulaiman dan agar diambil pelajaran dan bisa dijadikan tauladan.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menggali nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Surat An-Naml ayat 15-19 yang berkaitan dengan etika atau moral, serta bagaimana mufassir menafsirkan ayat 15-19 untuk memudahkan para pembaca memahami kandungan ayat tersebut.
Jenis penelitian yang peneliti gunakan disini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode library research , yaitu suatu riset kepustakaan. Dimana data-data yang diperoleh dari hasil dokumentasi yang diambil dari Sumber utama yaitu Al-Qur’an, Hadis, kitab-kitab tafsir serta karya tulis ilmiah.
Hasil dari penelitian yang dapat penulis paparkan disini bahwa dalam Surat An-Naml ayat 15-19 mengandung nilai-nilai etika terhadap Tuhan meliputi Syukur, sabar, taqwa dan berdoa; etika terhadap makhluq meliputi bijaksana dan murah senyum. Serta tafsir oleh mufassir yang sudah dijelaskan oleh penulis.
Nilai-nilai pendidikan etika penulis sampaikan di atas, diharapkan menjadi salah satu solusi untuk memperbaiki moral peserta didik agar tujuan pendidikan Islam dapat terwujud dengan sempurna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudirman, Sudirman | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai; Pendidikan Islam; Surat An-Naml | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:47 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:47 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5243 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |