A’yunin, Qurrota (2016) Dukungan sosial dalam penyusunan skripsi: Studi kasus pada mahasiswa psikologi yang mengalami problematika dalam penyusunan skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12410158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Skripsi merupakan karya ilmiah yang ditulis oleh mahasiswa program sarjana pada akhir masa studinya sebagai bukti pembelajarannya selama menempuh pendidikan strata satu. Dalam proses penyusunan skripsi mahasiswa pasti mengalami problematika yang berbeda-beda, problematika yang dimaksud yakni mengalami kebosanan dalam penulisan skripsi, kesulitan penulisan skripsi yang struktural, malas dalam mengerjakan skripsi serta kebinggungan karena skripsi yang tak kunjung selesai. Saat menghadapi problematika tersebut terkadang mahasiswa membutuhkan bantuan dari lingkungan disekelilingnya, sehingga dapat membantu mahasiswa ketika menghadapi problematika dalam menyusun skripsi. Dari permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana problematika yang dialami mahasiswa psikologi, bagaimana proses mencari dukungan sosial tersebut serta apa saja bentuk dukungan sosial yang diterima maupun yang diperoleh oleh mahasiswa psikologi yang mengalami kesulitan dalam penyusunan skripsi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dengan pendekatan studi kasus, dimana peneliti di dalamnya menyelidiki secara cermat suatu program, peristiwa, aktivitas, proses, atau sekelompok individu. Subyek dalam penelitian ini ada tiga subyek, dua laki-laki dan satu perempuan, ketiga-tiganya adalah mahasiswa aktif di Fakultas Psikologi yang sedang proses mengerjakan skripsi serta dipilih sesuai dengan karakteristik peneliti. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen utama dalam mengumpulkan dan mengidentifikasikan data dengan melakukan kegiatan pemaparan dan deskripsi terhadap objek penelitian dan untuk pengecekan keabsahan data dengan menggunakan validasi responden, mengecek ulang data lapangan, dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa psikologi yang mengalami problematika dalam penyusunan skripsi mendapatkan dukungan sosial sesuai dengan kebutuhannya. Problematika yang dialami subyek disebabkan oleh adanya faktor internal (management diri yang kurang baik, low motivation dan keterbatasan kemampuan dalam penulisan karya ilmiah ) dan eksternal (intensitas bimbingan dengan dosen pembimbing yang kurang, kesulitan mencari referensi, serta lingkungan yang kurang kondusif). Dalam proses mencari dukungan sosial subyek melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya yakni dengan (memunculkan motivasi untuk mencari dukungan sosial, usaha untuk mencari dukungan sosial, serta sumber dari dukungan sosial tersebut), tujuannya untuk memberikan perubahan pada diri subyek dengan cara mendapatkan bantuan . Dukungan sosial yang diterima mahasiswa dari berbagai sumber dan bentuk dukungan sosial yang berbeda memberikan manfaat yang lebih banyak. Adapun Bentuk dukungan sosial yang diterima mahasiswa mewakili semua aspek yakni (emosional, informatif, penghargaan dan instrumental). Mahasiswa yang menjadi subyek penelitian menyatakan bahwa antara orang tua, teman dan guru spiritual mempunyai peran yang sama besarnya dalam memberikan dukungan sosial sehingga mampu memberikan pengaruh dalam diri subyek, hanya saja mereka mempunyai perbedaan pada bentuk dukungan sosial yang diterima dan diperoleh setiap individu.
ENGLISH:
Thesis is a scientific inquiry written by undergraduate students at the end of their study as evidence of their study during undergraduate program. In the process of preparation of thesis, students must have had problems that are different, the problem is that boredom in writing, difficulties writing thesis structurally, laziness in working thesis and confusion because the thesis is still not finished. When facing these problems sometimes students need a help from the surrounding, so that it will help students when facing the problems in their thesis. From these problems, the researcher wanted to know how the problems experienced students of psychology, how the process of seeking social support is as well as any form of social support received or acquired by psychology students who have difficulties in preparation of the thesis.
This research used the descriptive qualitative method. This research also used case study approach in which the researchers carefully investigate programs, events, activities, processes, or group of individuals. The subjects in this study were three subjects, there were two males and one female, all the three were active students at the Faculty of Psychology who were preparing their thesis. They were selected according to the characteristics of the researcher. In this study, researcher acted as the primary instrument in collecting and identifying data by conducting exposure and description of the research object and in checking the validity of the data, the researcher used respondent validation, re-check the field data, and triangulation of sources.
The results showed that the psychology students who experienced the problems in the preparation of thesis got social support according to their needs. Problems experienced by subjects are caused by internal factors (poorness of management of themselves, low motivation and lack of expertise in the writing of scientific inquiry) and external factors (less intensity of guidance with the advisor, difficulties in searching references, less conducive environment). In the process of seeking social support, subjects performed variety of ways, to get that were with (the motivation to seek social support, efforts to seek social support, and the source of social support), the purpose were to provide a change in the subject by getting a help. The social support which were received by student from various sources and different forms of social supports provides more benefit. The Forms of social support received by students representing all aspects of the (emotional, informative, awards and instrumental). Students who become the subject of the study suggest that between parents, friends and spiritual teachers had equal role in providing social support so that it gives effect to the subjects themselves.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jamaluddin, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika penyusunan skripsi; dukungan sosial; Problems in the Preparation of Thesis; Social Support | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi | ||||||
Depositing User: | Imam Rohmanu | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:49 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5230 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |