Maharani, Arlina (2015) Pengembangan buku ajar Al-Qur’an Hadits berpendekatan santifik pada siswa Kelas VII Semester 2 Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110187.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perubahan merupakan sesuatu yang harus terjadi pada bidang pendidikan. Perubahan yang terjadi pada bidang pendidikan saat ini adalah pergantian kurikulum dari kurikulum KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) menjadi Kurikulum 2013 (K13). Pada kurikulum ini pemerintah menggunakan pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, pendekatan ini bercirikan penonjolan dimensi pengamatan, penalaran, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berpendekatan saintifik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits agar memudahkan siswa dalam mempelajari Al-Qur’an Hadits dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan produk dan mengetahui karakterstik produk yang dihasilkan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian & pengembangan dengan langkah-langkah meliputi tahap penelitian dan pengumpulan data, perncanaan, pengembangan produk awal, uji coba lapangan awal dan revisi produk akhir. Penelitian ini menggunakan teknik validasi isi yang dilakukan oleh validator yang berasal dari phak dosen dan guru sebagai ahli serta dilakukan uji coba awal terhadap siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Jenis data penelitian meliputi data kuantitatif berupa penlaian validator berdasarkan Skala Linkert dan data kualitatif berdasarkan komentar dan saran validator.
Produk akhir penelitian ini adalah buku ajar berpendekatan saintifik. Hasil validasi isi menunjukkan bahwa buku ajar yang dihasilkan memenuhi kriteria layak dengan rata-rata 3.78 dan 3.78. Sedangkan dari hasil uji coba terbatas pada siswa, buku ajar yang dihasilakn sudah memenuhi kriteria layak dengan rata-rata 3.58. Buku ajar ini juga sudah direvisi pada halaman muka(cover), materi, dan lembar kegiatan siswa.
ENGLISH:
Changes are a must in education field to take place. One of them is the change of curriculum from 2006 curriculum, KTSP to 2013 Curriculum, K13. In this latest curriculum, the government instructs teaching and learning based scientific approach which empasizes on some activities in variety of observing, thinking, validating, and explaining to find truth as knowledge.
This research is amed at developing materials of all Al-Qur’an and Hadits based scientific approach in order to make students learn them easily. Besides, it orients to describe product readiness and to search the characteristic resulted.
The reserach uses Research and Development design through some steps that can be summarized as collecting data, planning, developing preliminary product, trying out, and revising. It also implements content validation technique done by lecturer and teacher as the expert and is tried out to students. Collecting data is done through distribuitng some questionnaires. Thus, it results data both quatitaively in the form of validator assessment based on Linkert Scale and qualitatively taken from comments and suggestions of validator.
The final product of the research is materials based scientific research. The validation content shows that the materials resulted fulfill ideal criteria on average 3.78 and 3.78. Meanwhile, the try out result from students shows that it also fits the criteria of success on average 3.58. And last but not least, the materials is made up through final revision at front cover, courses, and student worksheet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Buku Ajar; Bependekatan Saintifik; Al-Q ur’an Hadits; Materials; Scientific Approach; Holy Qur’an and Hadits | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 16:56 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 16:56 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5183 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |