Husniah, Mahirotul (2015) Pengembangan sikap intrepreneur santri melalui pendidikan life skill di Pondok Pesantren Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110163.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Menjadi santri pada dasarnya tidak hanya sekedar dituntut memahami Ilmu agama, namun harus mempunyai bekal keterampilan dalam membangun muslim yang kuat, apalagi pada tahun 2015 akhir akan diberlakukannya MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) atau pasar bebas dimana masyarakat Indonesia harus mampu bersaing dengan Negara-negara ASEAN dalam berbagai aspek seperti pendidikan, kesehatan, teknologi, industri, pertanian bahkan ketenaga kerjaan. Maka dari itu pondok pesantren Al-Khoirot mengembangkan sikap entrepreneur melalui pendidikan life kill dalam menyiapkan wirausahawan sukses. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pelaksanaan pengembangan sikap entrepreneur santri melalui pendidikan life skill di PP. AlKhoirot Karangsuko Pagelaran Malang dan nilai-nilai Islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri melalui pendidikan life skill di PP. Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan fenomologis. Metode pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan analisa datanya dengan menggunakan kualitatif. Dalam penelitian ini diketahui bahwa: Pertama, pondok pesantren Al-Khoirot menggunakan model diskrit dalam implementasi kurikulumnya, implementasi pendidikan life skill dipisahkan dan dilepaskan dari program-program kurikuler, kurikulum reguler, atau mata pelajaran (pembelajaran kurikuler). Pelaksanaannya berupa pengembangan program life skill yang di kemas dengan sebutan keputrian (santri putri) dan keterampilan (untuk santri putra). Kedua, konsep program pendidikan life skill yang dikembangkan di pondok pesantren Al-Khoirot adalah kecakapan vokasional berarti kecakapan yang berkaitan dengan bidang kejuruan/ keterampilan yang meliputi keterampilan fungsional, keterampilan bermata pencaharian seperti: menjahit, memasak, bertani, berternak, berwirausaha serta menguasai keterampilan menguasai teknologi informasi dan komunikasi. Ketiga, terdapat nilai-nilai islam dalam pengembangan sikap entrepreneur santri melalui pendidikan life skill yang ada di pondok pesantren Al-Khoirot yaitu jujur dan amanah, dinamis, kreatif, inovatif, profesional, kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, tekun dan ulet.
ENGLISH:
To be the santri not only required to understand on the science of religion, but must have a provision for skill in building a strong muslim, on the 2015 December will be enactment of MEA (Asean economic community) or the free market where Indonesia society should be able to complete with ASEAN contries in various aspects such as education, health, technology, industry, agriculture and man work. Thus development entrepreneur attitudes of Santri trough life skill education in preparing a successful entrepreneur. The aim of the research to know how the implementation of the the development entrepreneur attitudes of Santri trough life skill education in Pondok Pesantren Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang and Islamic values in the development efforts of the entrepreneur attitude of santri through life skill education in PP. Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang.
Base on the kind of research, in use description qualitative research with phenomenologist approaching. The method of collecting data by observe, interview and documentation method. The data analisys by qualitative. In this research know that: First, Pondok Pesantren Al-Khoirot using discrete model in the implementation of the curriculum, the implementation of the life skill education are separated and removed from the programs kurikuler, reguler curriculum, or subjects (curricular learning). Its implementation of life skill eduction mention keputrian (for santri’s female) and Keterampilan (for santri’s male), Secondy, the concept of the program life skill education where deloped at Pondok pesantren Al-Khoirot is proficiency vokasional means know-how relating to the field of vocational/skills that include functional skills, such as livelihood: cutting hair, cooking, farming, keeping of animals, entrepreneurship as well as mastering the skill of mastering information and communication technology. Third, there is the Islamic values in the development efforts of the entrepreneur attitude of santri through life skill education in PP. Al-Khoirot Karangsuko Pagelaran Malang. That is honest and trustful, dynamic, creative, innovative, professional, cooperation, responsibility, hard work, diligent and tenacious.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujtahid, Mujtahid | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Entrepreneur; Pendidikan Life Skill; Pondok Pesantren; Entrepreneur; Life skill education; Pondok Pesantren | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:03 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:03 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5155 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |