Khoiriyah, Siti Mardiyatul (2008) Manajemen strategik peningkatan mutu pendidik: Studi multikasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tlogo Blitar dan Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Talun Blitar. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06920015.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Manajemen strategik dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang relatif baru. Hal ini dikarenakan keberhasilan lembaga profit menerapkan manajemen strategik untuk mencapai tujuan. MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar merupakan lembaga pendidikan negeri yang mempunyai orientasi pendidikan masa depan. Lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan unggulan dengan peserta didiknya sarat akan prestasi baik dari segi akademik atau nonakademik. Pendidiknya merupakan pendidik yang terpilih dengan ketat.
Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan manajemen strategik peningkatan mutu pendidik (Studi multikasus MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar) meliputi: 1) analisis lingkungan yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar; 2) formulasi strategik yang yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar; 3) implementasi strategik yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar; dan 4) evaluasi dan pengawasan strategik yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis dengan rancangan studi multikasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode; dan ketekunan pengamatan. Informan penelitian yaitu kepala lembaga pendidikan, waka kurikulum, dan pendidik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) analisis lingkungan yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar adalah analisis SWOT yang menghasilkan program atau kegiatan sesuai dengan kebutuhan lembaga pendidikan; 2) formulasi strategik yang yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar ada dua yaitu perekrutan pendidik dengan comprehensive selection yang meliputi empat cara yaitu seleksi akademik dan administrasi, seleksi micro teaching, wawancara, dan survei lingkungan rumah. sedangkan pembinaan dan pemberdayaan pendidik melalui seminar, diklat, team teaching, studi banding, studi lanjut, kemudahan untuk mengakses informasi baru, program MGMP, tunjangan, dan supervisi pendidikan; 3) implementasi strategik yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar disesuaikan dengan jadwal yang dibuat oleh panitia atau balai diklat; dan 4) evaluasi dan pengawasan strategik yang dilakukan MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar meliputi supervisi perorangan dengan kunjungan kelas dan percakapan pribadi. Sedangkan supervisi kelompok dengan rapat koordinasi dengan pendidik satu rumpun mata pelajaran; rapat koordinasi mingguan dan bulanan; dan MGMP sekolah (internal).
Dari uraian di atas dapat difahami bahwa manajemen strategik peningkatan mutu pendidik di MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar telah berjalan dengan baik. Hal ini karena peran aktif seluruh pelaku manajemen yaitu kepala lembaga pendidikan, wakil-wakil kepala lembaga pendidikan, dan pendidik sejak proses perekrutan sampai peningkatan mutu pendidik dengan menggunakan teknik yang relevan. Dengan demikian MAN Tlogo Blitar dan SMAN 1 Talun Blitar telah melaksanakan manajemen strategik yang intensif dan komprehensif.
ABSTRACT
Strategic management is some thing new in education. MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar are institutions that Strategic management implemented. The institution is included as excellent education institution with the student who have many achievements, whether from academic or non- academic sides. Whether are education selected strictly.
The research aims to reveal strategic management to educator quality improvement (Multicase Study MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar) involves: 1) environment analysis by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar; 2) strategic formulating by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar; 3) strategic implementing by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar; and 4) strategic evaluating and monitoring by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar.
This research uses qualitative approach, with analysis descriptive method with multicase study. Collecting data is done by in depth interview, participatory observasion technique, and documentation. Data analysis technique involves data reduction, data presentation, data display and verification. Checking of finding validity data is done by observasion diligence and triangulation technique (source, method, and theory). Research information are principal, curriculum vice principal. And educator.
The result of research suggest that: 1) environment analysis by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar is SWOT analysis, it is suggested program evailable with institution needed; 2) strategic formulating by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar with two ways recruitment educator with comprehensive selection that involves four ways: academic selection and administration, micro teaching selection, interview, and home analysis survei. Constructs and empower educator with seminar, training, team teaching, excursion, study in postgraduate, case to get new information, MGMP program, subsidy, and supervision; 3) strategic implementing by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar evailable with schedule from commitee and office for training; and 4) strategic evaluating and monitoring to by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar involves individual supervision with class visitation and individual conference. And group supervision is meeting with same educator study, week meeting and month; and internal MGMP.
From the reseach on strategic management educator quality improvement with implemented by MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar have run well. The success because by the active involvement of all manager of the school are principil, vice principils, and educator during the recruitment process until educator quality improvement with several techniques. And than, it can be said that MAN Tlogo in Blitar and SMAN 1 Talun in Blitar have implement the intensive and comprehensive strategic management.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Soetopo, Hendyat and Wahidmurni, Wahidmurni |
Keywords: | Manajemen strategik; peningkatan mutu; pendidik; Strategic management; quality improvement; educator |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:31 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 11:37 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51499 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |