Rakhman, Fatur (2008) Manajemen mutu dalam pengembangan profesionalisme Guru Madrasah di Pondok Pesantren. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03920007.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (448kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Madrasah Aliyah Nurul Hakim Kediri Lombok Barat, Madrasah Aliyah Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat dan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang merupakan 3 Madrasah Aliyah dari 325 Madrasah Aliyah yang dimiliki dari 505 Pondok Pesantren Se-Nusa Tenggara Barat.
Lembaga-lembaga tersebut termasuk lembaga pendidikan Islam yang tetap eksis, berkembang dan maju, yang memadukan sistem pendidikan tradisional dan sistem pendidikan modern. Keadaan ini didukung oleh sumber daya guru yang profesional dan memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan pondok pesantren.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya pengembangan profesionalisme guru di Madrasah Pondok Pesantren. Dan juga untuk mengetahui penerapan manajemen mutu dalam pengembangan profesionalisme guru tersebut.
Penelitian tentang pengembangan profesionalisme guru dan penerapan manajemen mutu dalam pengembangan profesionalisme guru Madrasah di Pondok Pesantren ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriftif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Wujud data adalah kata-kata, catatan, laporan dan dokumen yang yang diperoleh dari kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, Guru dan Karyawan Madrasah Aliyah Pondok Pesantren. Teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan kehadiran peneliti, pengamatan terus menerus dan cermat, serta teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, metode dan teori.
Dari penelitian ini diketahui gambaran umum Madrasah di 3 Pondok Pesantran, bentuk-bentuk pengembangan profesionalisme guru yang dilakukan, yang meliputi: rekrutmen, pendidikan dan pelatihan, monitoring, supervisi dan sertifikasi guru dan penerapan manajemen mutu melalui perencaan mutu samapi dengan pengendalian mutu. Semua itu dilakukan sebagai upaya pengembangan sumber daya guru menuju profesionalisme guru yang dimiliki Madrasah Pondok Pesantren.
Dari penelitian ini, ditemukan tesis bahwa manajemen mutu sangat efektif diterapkan di Madrasah-Madrasah Pondok Pesantren, mengingat tingkat pendidikan guru-guru di Madrasah rata-rata strata satu (S1), disamping upaya peningkatan profesionalisme guru intens dilakukan oleh kepala madrasah sesuai cara masing-masing.
ABSTRACT
Madrasah Aliyah Nurul Hakim Kediri of West Lombok Island, Madrasah Aliyah Al-Ishlahuddiny Kediri of Lombok island and Madrasah Aliyah pondok Pesantren Al-Ikhlas Taliwang represent the madrasah-madrasah of private sector residing in area NTB. The institutes is inclusive of institute of Islamic education which remain to exsis, expanding and go forward, what combine the traditional education system and modern education system. This circumstance is supported by professional teacher resource and own the high dedication to development of pondok pesantren.
This research aim to to know the efektifitas of management applying quality in Professionalism Development of Teacher Madrasah in Pondok Pesantren, related with the concept and management applying quality and also efforts of professionalism development covering rekrutmen, education and training, monitoring, supervise and sertification.
Research about management of quality in professionalism teacher development of madrasah this pondok pesantren use the qualitative approach, by using deskriftive analyse method. The collecting data using partisipative observation technique, circumstantial interview and documentation. Exist the words data, note, report and document which obtained from head Madrasah, Proxy Lead the Madrasah, teacher and Employees madrasah aliyah of pondok pesantren. Technique of Analyse data cover the data discount/related to a data discount, data presentation, and conclusion with drawal. Checking of data authenticity by lengthening of researcher attendance, careful and continuous perception, and also technique triangulat by using various resource, method and theory.
From this research known the management applying of quality in professionalism teacher development of madrasah, started with the planning of teacher quality, execution of quality of quality control. All that represent the effort of teacher development resource to the teacher professionalism.
From this research, the thesis management of quality owning high storey;
level of efektifitas in professionalism teacher development of madrasah in pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul |
Keywords: | Manajemen Mutu; Pengembangan Profesionalisme Guru; Quality Management; Professionalism Teacher Development |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Koko Prasetyo |
Date Deposited: | 27 Jun 2023 10:31 |
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:31 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/51375 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |