Qomariyah, Nishfatul (2015) Penerapan media miniature 3D guna meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII A MTs AlMaarif 02 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110084.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Rendahnya pemahaman siswa dapat terlihat saat siswa tidak dapat menjelaskan kembali materi yang disampaikan oleh guru dan kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Selain itu pada kurikulum 2014 terdapat pengurangan jam mata pelajaran yang akibatnya bisa jadi siswa kurang memahami dan menghayati mata pelajaran atau materi disetiap mata melajaran guru dituntut untuk menjadi guru yang aktif. Dapat mengembangkan daya kreatif siswa dan menciptakan media-media pembelajaran yang meningkatkan pemahaman siswa agar siswa tidak cepat merasa bosan dan bahkan acuh pada mata pelajran tertentu.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanakan pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran miniatur 3D untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mata pelajaran Fiqih Kelas VIII A MTs AlMAARIF 02 Singosari Malang Serta mengetahui bagaimana tingkat keefektifan dan kemenarikan media pembelajaran Miniatur 3D.
Untuk tercapainya tujuan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Serta penelitian ini bertujuan untuk melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran, mengetahui peningkatan pemahaman siswa dan melakukan pengembangan keterampilan guru melalui media pembelajaran Miniature 3D yang dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A MTs Al Ma’arif 02 Singosari Malang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman siswa yang diketahui dari hasil belajar siswa di akhir siklus. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya prosentase nilai ketuntasan siswa yang pada pre-test prosentase ketuntasan mereka adalah 73,52 % meningkat menjadi 88,23 %. Selain itu dengan menenerapkan media miniature 3D juga melatih siswa untuk belajar aktif, membiasakan siswa untuk bertanya dan membuat pertanyaan dengan baik. Dengan demikian membuktikan bahwa media miniature 3D dapat meningkatkan pemahaman siswa.
ENGLISH:
Students poor understanding could be seen when students could not re-explain material that delivered by teacher. Poor understanding is caused by lack interaction among teacher and student. Besides there is reduction of material time on curriculum of 2014 that give impact on students so could not understand comprehend in every material, teacher is demanded for being more active. Developing creativity students’ skill and creating learning media improve students’ understanding in order to make students feel not bored and careless on current subject. Therefore, this research was conducted by applying miniature 3D media on fiqih in improving students’ achievement of VIII grade at MTs AlMaarif 02 Singosari Malang.
In gaining research aim by using qualitative approach especially class action research by collecting the data; observation, interview, test, and documentation. Besides this researcher is aimed to make progress on learning process, know the improvement of students’ understanding and doing teachers’ skill development through Miniature 3D media that improve students’ understanding on fiqih of VIII A grade at MTS AlMaarif 02 Singosari Malang. This research was conducted in 2 cycles. Cycle 1 and cycle 2.
Findings showed that there is significant progress on students’ understanding that is know from students’ achievement in the end of cycle.the result could be proven by the improvement of goal score percentage is 73,52 % become 88,23 %. Moreover, by implementing Miniature 3D media also examine students for active learning, make asking question habit of students and making question habit well. Those, it proved that miniature 3D media could improve students’ understanding.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media Miniature 3D; Pemahaman Siswa; Miniature 3D Media; Students’ Understanding; Fiqih | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:22 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:22 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5114 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |