Widiya, Aulia Rahma (2015) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan karakter untuk meningkatkan pengendalian diri siswa di MAN Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pada zaman sekarang, banyak siswa yang memiliki kelakuan kurang baik, di sekolah maupun di luar sekolah. Permasalahan yang dialami siswa adalah berperilaku kurang sopan terhadap guru, orang tua dan teman-temannya. Tidak sedikit siswa yang bolos saat pelajaran, meninggalkan kegiatan-kegiatan sekolah dan melanggar peraturan sekolah. Hal tersebut merupakan efek lemahnya pengendalian terhadap diri siswa itu sendiri. Penerapan pendidikan karakter di sekolah adalah usaha nyata sebagai solusi dalam membentuk aspek fikriyah, ruhiyah dan jasadiyah siswa sehingga menjadi generasi unggul dan berakhlak mulia. Karena itu pemberian pendidikan karakter kepada siswa sangatlah penting untuk diterapkan.
Dalam penelitian ini, fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah mengenai bagaimana upaya guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter untuk meningkatkan pengendalian diri siswa di MAN Gondanglegi Malang dan faktor apa saja yang sekiranya mendukung atau menghambat guru PAI dalam merealisasikan tujuannya. Adapun tujuan dari penelitian ini, peneliti bermaksud menguraikan upaya yang seharusnya dilakukan oleh guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter untuk meningkatkan pengendalian diri siswa di MAN Gondanglegi Malang. Disamping itu, pemaparan faktor-faktor pendukung dan penghambat tersebut akan membantu guru PAI untuk merealisasikan tujuannya.
Metode penelitian yang digunakan di sini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik perpanjangan observasi, observasi berkelanjutan, triangulasi dan pemeriksaan dengan teman sejawat. Sedangkan tahapan penelitiannya berupa tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan pelaporan.
Adapun hasil penelitian yang telah dicapai oleh peneliti adalah: (1) Pendidikan karakter untuk meningkatkan pengendalian diri siswa di MAN Gondanglegi Malang dapat diterapkan melalui tiga cara, yaitu mengintegrasikannya ke dalam materi pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar, melalui penciptaan pembiasaan dan modeling serta melalui kegiatan sehari-hari di sekolah. Untuk mengoptimalkan penerapan ini, guru dapat menggunakan beberapa aspek, seperti kognitif, afektif dan psikomotorik. (2) Beberapa faktor pendukung penerapan pendidikan karakter untuk meningkatkan pengendalian diri siswa di MAN Gondanglegi Malang, diantaranya: ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan sekolah yang mendukung, yakni keberadaan tenaga pendidik yang sangat berkompeten di bidangnya masing-masing dan adanya kebiasaan atau tradisi khas yang dimiliki oleh MAN Gondanglegi Malang. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam kegiatan pembelajaran, keadaan siswa yang beragam dan kurangnya keseimbangan antara keadaan di lingikungan sekolah, keluarga para siswa dan masyarakat sekitar.
ENGLISH:
On today, many students who have a less good behavior, at school and outside of school. The problems experienced by students is behaving impolite to teachers, parents and friends. Not a few students who are truant during class, leaving school activities and in violation of school rules. This is a weak effect on students' self-control itself. Implementation of character education in schools is a real effort as a solution in the form aspect mind, spiritual and physical students to become superior and noble generation. Therefore giving character education to students is very important to apply.
In this study, the focus of the problem taken by the researchers is how the efforts of PAI teachers in implementing character education to improve students' self-control in MAN Gondanglegi Malang and any factors that are likely to support or inhibit PAI teacher in realizing its objectives.
The purpose of this study, the researchers intend to outline the efforts that should be carried out by PAI teachers in implementing character education to improve students' self-control in MAN Gondanglegi Malang. In addition, the exposure of the factors supporting and inhibiting PAI will help teachers to realize its objectives.
The method used here is a qualitative descriptive study. Data collection is done by the method of participant observation, in-depth interviews and documentation, using analytical data reduction, data presentation and verification. In this study was also carried out checking the validity of the data using the techniques of observation extension, continuous observation, triangulation and examination by peers. While the research stages such as pre-stage pitch, field work, data analysis and reporting.
The research results have been achieved by researchers are: (1) Education characters to enhance the students' self-control in MAN Malang Gondanglegi can be applied in three ways, namely integrating it into their teaching or learning activities, through the creation of habituation and modeling as well as through daily activities -day at school. To optimize this application, teachers can use some aspects, such as cognitive, affective and psychomotor. (2) Some of the factors supporting the implementation of character education to improve students' self-control in MAN Gondanglegi Malang, including: the availability of adequate infrastructure and supportive school environment, the presence of teachers who are very competent in their respective fields and their customs or traditions Typical owned by MAN Gondanglegi Malang. While inhibiting factor is the limitation of time in learning activities, students are diverse circumstances and the lack of balance between the situation in school environment, the families of the students and the surrounding community.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Upaya Guru PAI; Pendidikan Karakter; Pengendalian Diri; Efforts PAI Teacher; Character Education; Self-control | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:20 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:20 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5109 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |