Rizki, Lailatus (2015) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
11110003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan merupakan proses pembelajaran yang bertujuan menjadikan manusia yang potensial secara intelektual semata melalui transfer of knowledge yang kental, tetapi proses tersebut bermuara pada pembentukan watak. Pada kenyataannya pendidikan hanya menjadikan para peserta didik menjadi manusia yang berpengetahuan tanpa diimbangi dengan akhlak dan kepribadian yang baik sehingga terjadi kemerosotan moral yang tajam di kalangan generasi muda. Kitab klasik memberikan peranan penting bagi pendidikan di Indonesia sampai saat ini, karena merupakan salah satu kitab zaman Abbasiyah yang masih dipakai acuan belajar para santri sampai sekarang. Kitab ini kental dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang mengandung pesan-pesan Islami yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim memiliki relevansi yang layak dipertimbangkan untuk diaktualisasikan dan diimplementasikan dalam Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi pendidikan Agama Islam sebagai bahan atau media untuk mengembangkan nilai-nilai karakter peserta didik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim? 2) Bagaimana bentuk dari pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim? 3) Bagaimana relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat SMP dan SMA? Untuk menjawab rumusan masalah di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan cara mengumpulkan literatur yang ada. Metode analisis data yang digunakan adalah: Analisis Deskriptif dan Content Analysis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syekh al-Zarnuji ada 16 meliputi: cinta ilmu, cinta damai, demokratis, bersahabat/komunikatif, tawadlu’, cerdas, bersungguh-sungguh, rajin, syukur, zuhud, tawakal, sabar, belas kasih, husnuzhan, wara’, dan jujur. 2) Bentuk pendidikan karakter diantaranya adalah: cinta ilmu (belajar dan mencari ilmu pengetahuan, membiasakan merenungkan kedalaman ilmu, tidak pernah malu mengambil pelajaran, serta tidak pelit untuk memberikan pelajaran kepada orang lain); cinta damai (tidak berdebat dan bermusuhan); demokratis (bermusyawarah,mudzakarah, munadzarah, mutharahah); bersahabat/komunikatif (berkomunikasi dengan cara musyawarah, bergaul dengan teman yang baik); tawadlu’ (menghormati ilmu dan guru); bersungguh-sungguh (susah payah dalam mencari ilmu, tidak banyak tidur malam, mempunyai waktu belajar tertentu, menganalisa, memikirkan, dan sering mengulangi pelajaran dari guru, mempunyai cita-cita luhur, berdo’a kepada Allah); rajin (rutin belajar, menghindari hal-hal yang menjadikan malas); syukur (ungkapan lisan, hati, tindakan anggota badan dan mendermakan hartanya serta berpandangan bahwa pemahaman, pengetahuan, dan pertolongan itu semuanya datang dari Allah); tawakal (tidak susah dan menyibukkan masalah rizki), sabar (bertahan kepada seorang guru dan kitab tertentu, tidak berpindah-pindah, bersabar mengendalikan diri, sabar menerima dan menghadapi berbagai ujian dan cobaan, sanggup menanggung segala kesulitan dan keprihatinan mencari ilmu); husnuzhan (membiarkan orang yang berbuat jelek kepada kita dan tidak usah membalasnya, dan memperbanyak atau melipatgandakan perbuatan baik kepada seseorang); wara’ (tidak banyak makan, tidur, membicarakan yang tidak bermanfaat, memakan-makanan pasar, menjauhi orang yang bertabiat buruk, membiasakan duduk menghadap kiblat, mengikuti sunnah Nabi, memohon doa kebaikan). 3) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kitab Ta’limul Muta’allim terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di tingkat SMP dan SMA meliputi: a) Semangat menuntut ilmu atau cinta ilmu, b) Perilaku kompetisi dalam kebaikan, dan bekerja sama, c) Perilaku ikhlas, sabar, pemaaf, d) Perilaku jujur, amanah dan istiqomah, e) Sikap optimis, ikhtiar, tawakal, f) Perilaku hormat dan taat kepada kedua oang tua dan guru, g) Indahnya berempati terhadap sesama, h) Menampilkan perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari, i) Perilaku kontrol diri, prasangka baik (husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah), j) Perilaku menghindari minuman keras, judi, dan pertengkaran, k) Sikap terpuji khulafaurrasyidin, l) Sikap toleran, rukun dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan, m) Berpikir kritis dan bersikap demokratis, n) Perilaku kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras.
ENGLISH:
Education is a learning process that aims to make human intellectual potential through the thick transfer of knowledge, but the process leads to the formation of character. In fact education only make the students become knowledgeable human without by good character and good personality resulting in moral degenerating among the younger generation. Classical books provide an important role for education in Indonesia today, because it is one of books of the Abbasiyah era that still is used reference to learn the students until now. The book is steeped in the values of character education containing Islamic messages that can be applied in everyday life. The educational value of the character in the book of Ta'limul Muta'allim has worthy relevance of consideration to be actualized and implemented in Islamic education, particularly in Islamic educational material as a material or media to develop character values of students. The formulation of the problem in this research are: 1) What are the values of character education in the book of Ta'limul Muta'allim? 2) What are the forms of character education in the book of Ta'limul Muta'allim? 3) What is the relevance of the values of character education in the book of Ta'limul Muta'allim against Islamic education material and morals in junior and senior high school? To answer the problem formulation above, this study used a qualitative approach to the type of Library Research. Data collection technique used documentation by collecting existing literature. Data analysis methods used were: Descriptive Analysis and Content Analysis.
The results showed that 1) The values of character education in the book of Ta'limul Muta'allim by Shaykh al-Zarnuji, there were 16, included: a love of science, peaceful, democratic, friendly / communicative, tawadlu ', intelligent, conscientious, diligent , gratitude, ascetic, trust, patience, compassion, husnuzhan, wara ', and honest. 2) The form of character education were: love of science (learning and getting knowledge, familiarize to contemplate the depth of knowledge, never shy to take lessons, and not stingy to give lessons to others); peace love (not to argue and hostile); democratic (deliberation, mudzakarah, munadzarah, mutharahah); making friends / communicative (communicating by means of deliberation, hanging out with good friends); tawadlu '(respect science and teacher); earnestly (difficulty in finding a science, not a lot of sleep at night, had a certain learning time, analyzing, thinking, and often repeating the lessons of the teacher, having lofty ideals, praying to Allah); diligent (routine learning, avoiding things that make lazy); Thanksgiving (oral expression, heart, limbs action and donated the property as well as the view that the understanding, knowledge, and help came from God); tawakal (easy and busied in looking luck (rizki), patience (surviving to a teacher and particular book, do not move, patient in self control, patience to accept and face various tests and trials, able to endure all the difficulties and concerns in looking for knowledge); husnuzhan (let people who do bad to us and do not repay, and making multiply or good deeds to someone); wara '(not a lot of eating, sleeping, talking about useless, eating food market, staying away from people who has bad character, getting to sit facing the Qiblah, following the Sunnah of the Prophet, pleading goodness prayer). 3) The relevance of the values of character education in the book of Ta'limul Muta'allim against Islamic education material and morals in junior and senior high school level included: a) The spirit of looking for knowledge or love of science, b) goodBehavior of competition in, and working together c) conducting sincere, patient, forgiving, d) conducting honest, trustworthy and focused, e) An optimistic attitude, effort, trust, f) conducting of respect and obedience to parents and teachers, g) The beauty of empathy for others, h) displays honest behavior in daily life, i) conducting self-control, well interpretation (husnuzhan), and making family (brotherhood), j) Behaviour in avoiding liquor, gambling, and quarrels, k) khulafaurrasyidin commendable attitude, l) tolerant, harmony and refraining of violence, m) Critical thinking and being democratic, n) Competitive Behavior in the kindness and hard work.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter; Kitab Ta’limul Muta’allim; Materi Pendidikan Agama Islam; Character Education Values; Book of Ta'limul Muta'allim; Islamic Education Materials | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:27 | ||||||
Last Modified: | 15 May 2023 14:52 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5081 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |