Aini, Nur (2011) Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah, dan Religiusitas Guru terhadap Mutu Akademik Lulusan di Madrasah Aliyah Almaarif Singosari dan Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07920014.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kepala madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam meningkatkan kualitas pendidikan di samping berperan sebagai pemimpin, kepala madrasah juga sebagai manajer pendidikan, Sebagai manajer, kepala madrasah harus memiliki pengetahuan yang luas untuk mengarahkan semua sumber daya yang tersedia dalam mencapai tujuan. Kepala madrasah professional akan memberikan dampak positif dan perubahan yang cukup mendasar dalam pembaruan sistem pendidikan di madrasah. Dampak tersebut antara lain terhadap mutu akademik peserta didik. Selain peran kepala madrasah, guru juga mempunyai peran dalam meningkatkan mutu pendidikan. Keefektifan guru merupakan salah satu karakteristik yang berpengaruh pada prestasi akademik siswa. Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru, selain kemampuan dalam mengajar juga dituntut memiliki kompetensi kepribadian yang baik. Kompetensi kepribadian guru bisa diwujudkan melalui penampilan guru sebagai mahluk beragama yang perilakunya senantiasa tidak menyimpang dari norma-norma agama dan moral (religiusitas).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan gambaran keterampilan manajerial kepala madrasah, religiusitas guru dan mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang, (2) menjelaskan pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang, (3) menjelaskan pengaruh religiusitas guru terhadap mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang, (4) menjelaskan pengaruh keterampilan manajerial kepala madrasah dan religiusitas guru terhadap mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang,
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Pengumpulan data menggunakan dua jenis angket, tentang keterampilan manajerial kepala madrasah dan religiusitas guru. Adapun data mutu akademik lulusan diperoleh dari daftar nilai siswa mulai semester 1 sampai 6, daftar nilai ujuan madrasah dan daftar nilai Ujian Akhir Nasional. Data dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dan teknik analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran keterampilan manajerial kepala madrasah dan religiusitas guru di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang tergolong kategori sangat tinggi, dan mutu akademik lulusan tergolong kategori tinggi, (2) Ada pengaruh positif signifikan keterampilan manajerial kepala madrasah terhadap mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang. Hasil uji F sub variabel dari X1 menunjukkan, bahwa sub variabel fungsi pergerakan yang paling besar sumbangannya (3) Ada pengaruh positif signifikan religiusitas guru terhadap mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang. Hasil uji sub variabel X2 menunjukkan bahwa sub variabel dimensi penghayatan yang paling besar sumbangannya (4) Ada pengaruh positif signifikan keterampilan manajerial kepala madrasah dan religiusitas guru terhadap mutu akademik lulusan di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang. Hubungan yang paling besar dan kuat terhadap Y ditunjukkan oleh X1 dilanjutkan X2.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada kepala madrasah pada umumnya dan kepala madrasah di MA. Almaarif Singosari dan MA An-Nur Bululawang khususnya untuk memperhatikan dan meningkatkan keterampilan manajerialnya terutama pada fungsi sebagai organisator dan penggerak. Disarankan pada guru untuk memperhatikan dan meningkatkan tingkat religiusitasnya khususnya pada dimensi penghayatan.
ABSTRACT
Headmaster is one of the education components who have the significant role on increasing education quality. In spite of the role as leader, headmaster is also the manager of education and must have a wide knowledge to direct the sources provided to attain the goal. A professional headmaster will present the positive effect and a quiet based changing in renewing education system in Madrasah. The effect is toward the students’ academic quality.
Beside the headmaster’s role, teachers are also giving their own influence. Teacher effectiveness is one of the characteristics which affect students’ academic achievement. Teachers must have good manners competence beside their ability to teach. These can be shown by their performance as a religious being whose manner are always not deviate from the religion norm and moral (religiosity).
This research goals are (1) describes the managerial skill of the headmaster, the religiosity of the teacher and the academic quality of school graduate in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang (2) describes the influence of headmaster’s managerial skill toward the graduate academic quality in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang (3) describes the influence of teacher’s religiosity toward the graduate of Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang (4) describes the influence of headmaster’s managerial skill and teacher’s religiosity toward graduate’s academic quality of Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang.
This research was held by using correlation quantitative approach. The data were collected by two forms of questionnaires; the first is about headmaster’s managerial skill and another is about teacher’s religiosity. The data of graduate academic quality were obtained from students’ score lists since the first up to sixth semester, the score lists of Madrasah examination, and the score list from National Examination. The data were analyzed by descriptive statistic and double linear regression analysis technique.
The results of this research discover that: (1) the illustration of headmaster’s managerial skill and teacher’s religiosity in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang are included in very high category and the graduate’s academic quality is included in very high category, (2) there a significant positive influence from the headmaster’s managerial skill toward graduate’s academic quality in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang. The result of the F test sub variable from X1 shows that the higher contribution is from the movement function sub variable, (3) there a significant positive influence from the teacher’s religiosity toward graduate academic quality of Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang. the result of sub variable X2 test shows that the higher contribution is from the comprehension dimension sub variable, (4) there a significant positive influence of the headmaster’s managerial skill and teacher’s religiosity toward graduate’s academic quality in Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang. The highest and influential relationship toward Y shown by X1 continued by X2.
The research results suggested to the headmasters-generally, and the headmasters of Madrasah Aliyah Almaarif Singosari and Madrasah Aliyah An-Nur Bululawang especially, to concern and increase their managerial skill, particularly on their function as the organizer and mover. It is also suggested to the teachers to concern and increase their spiritual quality especially on comprehension dimension.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisor: | Muhaimin, Muhaimin and Hady, M. Samsul |
Keywords: | Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah; Religiusitas Guru; Mutu Akademik Lulusan Headmaster’s Managerial Skill; Teacher’s Religiosity; Graduate’s Academic Quality |
Departement: | Sekolah Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana |
Date Deposited: | 01 Jul 2023 05:24 |
Last Modified: | 01 Jul 2023 05:24 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/50698 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |