Andriani, Badriyah (2015) Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VII-A di SMP Negeri 7 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11110026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (11MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa di tingkat Sekolah Dasar (SD), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Sebab, mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tercantum dalam kurikulum yang sudah direncanakan oleh pemerintah. Dengan adanya kurikulum baru yang mulai diterapkan tahun pelajaran 2013/2014 yaitu kurikulum 2013, SMP Negeri 7 Malang sudah menerapkannya untuk semua mata pelajaran terutama mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Melalui penerapan kurikulum baru tersebut setiap guru di harapkan untuk mamaksimalkan dalam pengajaran agar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam bisa berjalan dengan Efektif dan bisa menanamkan sikap yang terdapat pada kompetensi Inti Kurikulum 2013 baik sikap, pengetahuan dan keterampilan
Beberapa rumusan masalah dan tujuan penelitian yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islma pada implementasi Kurikulum 2013 kelas VII-A di SMP Negeri 7 Malang, (2) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islma pada implementasi Kurikulum 2013 kelas VII-A di SMP Negeri 7 Malang, (3) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islma implementasi pada Kurikulum 2013 kelas VII-A di SMP Negeri 7 Malang.
Kemudian dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba untuk meneliti implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII-A di SMP Negeri 7 Malang yang kemudian oleh peneliti data-data tersebut akan dideskripsikan dengan bahasa tulisan dengan menggunakan metode trianggulasi dari hasil penelitian yang berupa observasi, interview dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Implementasi Kurikulum 2013 kelas VII-A di SMP Negeri 7 Malang adalah pengembangan program (prota, promes), RPP yang dikembangkan dari silabus yang sudah disiapkan oleh pemerintah. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific yang melibatkan aktif peserta didik dalam pembelajaran. (3) Evaluasi yang digunakan adalah penilaian sikap, penilaian pengetahuan, dan penilaian keterampilan
ENGLISH:
Islamic Religious of education is one of lesson that must be learned by students from elementary into senior high school. However, Islamic Religious of education found out on curriculum that has been planned by the government. By using of new curriculum that was applied on 2013/2014 period that was curriculum of 2013, SMP Negeri 7 Malang has been applied for all lessons especially for Islamic Religious of Education. Through used of new curriculum, every teacher were expected to give the maximal in teaching learning activities especially on teaching Islamic Religious of education to make the effectiveness and implant the attitude which were found on the main of competence curriculum 2103 not only the attitudes but also knowledge and skills.
This study described (1) how to implement curriculum of 2013 on teaching plan in teaching Islamic Religious of Education in VII-A grade at SMP Negeri 7 Malang, (2) how to implement curriculum of 2013 on teaching activities in teaching Islamic Religious of Education in VII-A grade at SMP Negeri 7 Malang, (3) how to implement curriculum of 2013 in learning evaluation on Islamic Religious of Education in VII-A grade at SMP Negeri 7 Malang.
This study used a descriptive qualitative design. The researcher tried to know how the teacher implemented curriculum of 2013 toward teaching Islamic Religious of Education in VII-A grade at SMP Negeri 7 Malang. The instrument used in this study was triangulation. They were observation, interview and documentation.
The result of this study showed (1) the implementation curriculum of 2013 in teaching plan toward Islamic Religious of Education in VII-A grade at SMP Negeri 7 Malang were the development programs (Prota and Promes) RPP which was developed by syllabus that has been prepared by the government. (2) the implementation of this lesson used scientific approach with the students in teaching learning activities. (3) The evaluation which were used for attitude, knowledge and skills assessments.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kurikulum 2013; Pendidikan Agama Islam; Curriculum of 2013; Islamic Religious of Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Indar Erdiana | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:38 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5058 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |