Hidayah, Nur (2015) Penggunaan multimedia autoplay dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran aqidah akhlak kelas XII Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
09110081.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Rendahnya kualitas program pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah sering kali disebabkan oleh sistem pembelajaran yang dilakukan di Madrasah tersebut. Kebanyakan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar hanya datang, mengikuti ceramah guru, melihat guru menulis di papan tulis, lalu mengingat segala informasi pembelajaran aktif yang ditawarkan. Pembelajaran interaktif nampaknya merupakan jawaban atas permasalahan tentang rendahnya mutu dan kualitas pembelajaran Aqidah Akhlak di madrasah pada umumnya. Salah satunya dengan penggunaan multimedia Autoplay pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Dengan menerapkan metode dan media ini, diharapkan kualitas pembelajaran meningkat. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana proses penggunaan multimedia Autoplay dalam pembelajaran aqidah akhlak, 2) Untuk mengetahui bagaimana proses perencanaan dari efektivitas pembelajaran dalam peningkatan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan multimedia autoplay di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang, 3)Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan multimedia autoplay.
Dari situlah muncul pertanyaan 1) Bagaimana proses penggunaan multimedia Autoplay dalam pembelajaran aqidah akhlak 2) bagaimana proses perencanaan dari efektivitas pembelajaran dalam peningkatan pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan multimedia autoplay di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang?, 3)Bagaimana efektivitas pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan multimedia autoplay? Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Jenis penelitiannya yaitu berupa penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Urutan kegiatan penelitian ada 4 tahap meliputi: 1)Perencanaan, 2)Pelaksanaan, 3)Observasi, 4)Refleksi. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) proses penggunaan multimedia autopplay langkah awal penggunaannya yaitu a). membuat materi dan soal yang akan digunakan dalam bentuk power point dengan format slide show, b). Menyiapkan video yang berkaitan dengan materi, c). Kemudian membuat multimedia autoplay,d). Penggunaan multimedia autoplay yang pertama buka CD autorun yang sebelumnya disimpan kemudian klik CD autorun setelah itu klik buton klik maka keluar judul dari materi kemudian klik buton berisi aksi video, materi, kuis dan profil. 2). proses perencanaan dari efektivitas pembelajaran aqidah akhlak menggunakan multimedia autoplay di Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang. Mengawali penelitian ini, peneliti terlebih dahulu mengobservasi tentang karakteristik siswa dan pembelajaran di kelas XII sebelumnya melalui wawancara dengan guru mata pelajaran, kemudian peneliti membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan menggunakan multimedia Autoplay. Kemudian pelaksanaan peningkatan hasil pembelajaran Aqidah Akhlak pada materi kenakalan remaja kelas XII dilakukan sesuai dengan perencanaan yang telah tersusun di dalam RPP, meskipun menemui berbagai penghalang. 3) Hasil Efektivitas Pembelajaran Aqidah Akhlak menggunakan multimedia autoplay terjadi peningkatan pada setiap siklus. Rincian peningkatan sikap siswa. Terjadinya penurunan pada sikap siswa yang tidak senang pada siklus I mencapai 27,02% sedangkan pada siklus 2 tidak ada atau 0% . Sedangkan untuk siswa yang merasa senang mengalami peningkatan yaitu pada siklus I mencapai 72,31% sedangkan pada siklus II mencapai 100%. Begitu pula dengan kemandirian belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang kurang mandiri mengalami penurunan yaitu 32,42% sedangkan pada siklus II 27,02% dan untuk siswa yang mandiri pada siklus I mencapai 67,57% dan siklus II 91,90%
ENGLISH:
The low quality of Aqeedah Morals learning program in Madrasah is often caused by its learning system. In participating in the learning process, most students only attend the class, follow the lectures, notice teacher’s writing on the board, and memorize all the information offered by the active learning. Interactive learning seems to be the answer to the problems of low quality of Aqeedah Morals learning in madrasah. One example of learning multimedia is Autoplay. By applying these methods and media to teach Aqeedah Morals, it is expected that the quality of learning is improving. The purpose of this study is: 1) To find out how to use the Autoplay multimedia in aqeedah morals learning, 2) To find out how the learning effectiveness planning process to improve Aqeedah Morals learning using autoplay multimedia in Madrasah Aliyah Al Maarif Singosari Malang, 3) To measure the effectiveness of Aqeedah Morals learning by using autoplay multimedia. The research problems of the study are 1) How is the use of multimedia Autoplay in aqeedah morals learning 2) how is the learning effectiveness planning process to improve Aqeedah Morals learning using autoplay multimedia in Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang? 3) How is the effectiveness of Aqeedah Morals learning by using multimedia autoplay?
To collect data, the researcher employs observation, interviews, documentation and questionnaire. The research use collaborative classroom action research (RAR). The research activities consist of four stages: 1) Planning, 2) Implementation, 3) Observation, 4) Reflection. The researcher uses a descriptive analysis. From the results, it can be concluded that 1) in using autoplay multimedia the user needs to a). Prepare the material and questions in power point slide show format, b). Prepare videos related to material, c). create an autoplay multimedia, d). The first use of multimedia autoplay open a CD autorun previously saved then click the CD autorun then click buton click the title out of the material and then click buton contains video action, materials, quizzes and profiles. 2). Learning effectiveness planning process in using autoplay multimedia for Aqeedah morals learning in Madrasah Aliyah Al Ma’arif Singosari Malang. First, the researcher observes the student characteristics and learning in class XII before interviewing subject teachers. Second, the researcher creates a lesson plan to use the Autoplay multimedia. Third, the implementation of Aqeedah Morals learning using juvenile delinquency material in grade XII in accordance with the lesson plan. In the process, the researcher meets several obstacles. 3) The using of autoplay multimedia in Aqeedah Morals learning increases the effectiveness in each cycle. The decrease in the number of students who do not enjoy the learning in the first and second cycle reaches 27.02% and 0%, respectively . As for the number of students who enjoy the learning experience in the first and second cycle reaches 72.31% and 100%, respectively. Similarly, the learning independence of the student is also increasing. Students who are less independent in the first and second cycle decreases 32.42% and 27.02%, respectively. While the number of independent students in the first cycle reaches 67.57% and in the second cycle reaches 91.90%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aqidah Akhlak; Multimedia Autoplay; Efektifitas Pembelajaran; Aqeedah Morals; Autoplay Multimedia; Learning Effectiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:40 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5049 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |