Ulfa, Fitria (2014) Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 3 Kota Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110248.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (15MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi Pembelajaran merupakan sebuah perencanaan yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus (baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber daya) untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam pendidikan formal, kita tahu bahwa guru sebagai administrator harus dapat menyelenggarakan progam pendidikan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan progam pendidikan yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang bisa menggugah siswa untuk belajar dengan enak dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan agar bisa meningkatkan motivasi siswa, maka diperlukan upaya yang lebih baik dari guru dalam memilih dan menerapkan strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai kompetensi tersebut.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam yang diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Kediri 3. (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa di MAN Kota Kediri 3. (3) Menyebutkan faktor penghambat dan penunjang dalam peningkatan motivasi belajar siswa di MAN Kota Kediri 3.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keberhasilan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Kediri 3 sudah baik dan meningkat. Hal ini terlihat dari siswa yang awalnya malas mengikuti pelajaran dan memilih untuk keluar kelas, sekarang sudah semakin membaik, giat belajar dan banyak membaca. Siswa yang biasanya hanya datang-duduk-pulang, saat sekarang sudah berani bertanya dan mengemukakan pendapatnya dalam proses pembelajaran. Dan juga tercermin dari akhlak para siswa yang mana siswa selalu ta’zim kepada guru-gurunya dengan bersalaman setiap berjumpa. Artinya bahwa meningkatkan motivasi belajar siswa tidak hanya berbentuk nilai-nilai angka seperti di raport, namun lebih dari itu, motivasi juga berbentuk akhlak mereka dalam bermasyarakat dan memang hal inilah yang sangat diharapkan oleh MAN Kota Kediri 3 untuk menjadi manusia-manusia yang berakhlakul karimah karena sesuai dengan visi dan misi sekolah.
ENGLISH:
Learning Strategy was a plan that contained a series of specially designed activities (either methods or the utilization of various resources) to achieve certain educational goals. In formal education, we knew that the teacher as an administrator should be able to organize educational programs as well as possible. Therefore, to achieve the desired objectives of educational programs, teachers were expected to have some learning strategies that can inspire students to learn easily and funny. To achieve the goal in order to increase student learning motivation, it would require more effort from teachers in selecting and implementing the strategies, methods and learning media that appropriate with these competencies.
The purpose of this study was: (1) Describing the strategy of Islamic education teachers who applied in increasing students learning motivation on moral beliefs subjects in MAN 3Kediri 2) describing the increasing students' learning motivation in MAN 3Kediri (3) Mentioning inhibiting and supporting factors in increasing students' learning motivation in MAN 3 Kediri.
To achieve the above objectives, the study used a qualitative approach. In the process of data collection, the researcher used several methods, the method of observation, interview and documentation. As for the data analysis, the researcher used descriptive qualitative analysis techniques, namely data presentation in writing of the relevant data, both written of objects existing research in institutions mentioned above that have been observed, which in this case the researcher described in overall view of the real phenomena.
The results showed that, the success of Islamic Education teachers in increasing student learning motivation on moral belief subjects that good and improving in MAN 3 Kediri. It was seen from the students who initially lazy and choose and follow the lessons out of the classroom, it was getting better, study hard and read a lot. Students normally only come-sit-go, while now it was the courage to ask their opinion in the learning process. Also reflecting on the character of the students where students were always respectful to their teachers with a handshake every meeting. This meant that increasing students' learning motivation was not only shaped like the number of values in report book, but it was more, the motivation was also like their morals in society and this was what was expected by MAN 3 Kediri to be human beings having good moral in accordance with the vision and mission of the school.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sudiyono, Sudiyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Guru; Peningkatan; Motivasi Belajar; Teacher Strategy; Improvement; Learning Motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 03 Nov 2016 10:43 | ||||||
Last Modified: | 03 Nov 2016 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5035 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |