Suhaiyanto, Suhaiyanto (2014) Aplikasi metode jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an hadits kelas X MA Assulthoniyah Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
10110186.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (17MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
MA Assulthoniyah adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang ada di Kota Probolinggo. Penelitian dilakukan di madrasah tersebut karena ada suatu hal yang menarik dan menjadi tujuan untama dalam penelitian ini, yaitu dalam pembelajaran motode yang digunakan oleh para pengajar hampir semua menggunakan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) sehingga menjadikan siswa banyak yang ngantuk dan malas dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Salah satunya yaitu pada mata pelajran al-Qur’an Hadits. Selain metodenya yang konvensional adalah setiap mata pelajaran agama dianggap pelajaran yang kurang penting oleh beberapa siswa karena bukan pelajaran yang di UN-kan. Jadi penelitian ini dilaksanakan di madrasah tersebut dengan menggunakan metode Jigsaw dalam pembelajaran di kelas.
Metode Jigsaw merupakan salah satu variasi model Collaborative Learning yaitu proses belajar kelompok dimana setiap anggota menyumbangkan informasi, pengalaman, ide, sikap, pendapat, kemampuan dan keterampilan yang dimilikinya, untuk secara bersama-sama saling meningkatkan pemahaman seluruh anggota.1
Al-Qur’an Hadits adalah salah satu unsur mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada madrasah yang memberikan pendidikan kepada siswa untuk memahami al-Qur’an dan Hadits sebagai sumber ajaran Islam dan mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.
Metode pembelajaran Jigsaw merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan akan meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan guru sebagai fasilitator bagi mereka. Dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan, diantaranya adalah 1) Bagaimana perencanaan mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas X MA Assulthoniyah kota Probolinggo?, 2) Bagaimana aplikasi metode Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadits kelas X MA Assulthoniyah kotaProbolinggo?, dan 3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan metode Jigsaw dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas X MA Assulthoniyah Probolinggo?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi metode Jigsaw.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Maksudnya adalah dalam penelitian kualitatif, data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi, catatan memo dan dokumen-dokumen lainnya yang berhubungan dengan penelitian.
Hasil dari penelitian tindakan kelas ini dengan menggunakan metode Jigsaw dalam pembelajaran di kelas X MA Assulthoniyah dengan tiga kali siklus dari siklus pertama sampai siklus ketiga mengalami peningkatan. Hasil tersebut dapat dilihat dari hasil tes dari setiap siklusya itu Rata-rata hasil tes tersebut yaitu tes 1 dengan nilai rata-rata 80.4, tes 2 dengan nilai rata-rata 83.3, dan tes 3 dengan nilai rata-rata 86.8.
Berdasarkan data yang diperoleh, bahwasannya metode Jigsaw mampu menumbuhkan atau meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada pelajaran Al-Qur’an Hadits motivasi belajar siswa semakin meningkat ditiap pertemuan. Mulai dari peningkatan dalam penguasaan materi, keberanian diskusi dan bertanya kepada teman atau guru serta semakin mempunyai tanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan guru. Evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pengamatan dari keaktifan siswa, antusias siswa, kerja sama tim, dan yang terakhir dengan menggunakan testulis sebagai hasil akhir yang akan didapat oleh peneliti.
ENGLISH:
MA Assulthoniyah is the one of Islamic Education Center in Probolinggo. Research was done in this school due to the something interesting and become the aim of it. It is the learning method that used by almost teacher in this school. The method is conventional method (speech and answer question) which cause the students feel sleepy and become lazy to be attention to the class. One of the subjects that use this method is Al-Qur’an Hadits. Instead of the method, the religion subjects are less concerned by the students due to the not including of it in National Final Exam. Therefore, this research was done by using Jigsaw Method in the learning process.
The Jigsaw method is the one of the collaboration learning variation model. It is a learning process group which every member gives an information, experience, idea, attitude, opinion, ability and skill which owned, to improve along the understanding of them1.
Al-Qur’an hadits is one of subject element on education of Islamic religion at madrasah which gives an education to students for understanding the Al-Qur’an and hadits as the source of Islam and applying the contains of them in their daily life.
The jigsaw method is a learning process that center on the students and will improve the studying motivation of them, their teacher is the facilitator. In this research, the author formulate the problems into 1) How does the plans of the Al-Qur’an Hadits subject that use jigsaw method to improve studying motivation of students in this subject for X grade of MA Assulthoniyah Probolinggo ?, 2) How does the applications of jigsaw method to improve studying motivation of students in Al-Qur’an Hadits subject for X grade of MA Assulthoniyah Probolinggo ?, 3) How does the evaluations of jigsaw method to improve studying motivation of students in Al-Qur’an Hadits subject for X grade of MA Assulthoniyah Probolinggo ?. The aims of this research are to know the plans, applications and evaluations of jigsaw method.
This research is included in qualitative research. It means that the data that collected is not the numbers but results of interview, field note, personal document, memo text, and another document that refer to the research.
The result of this class attitude research using jigsaw method in learning process in X grade of MA Assulthoniyah for three time cycles, from the first until the third, is increasing. This result can be shown from the test result on those every cycle. The average of test result is 80,4 in test 1; 83,3 in test 2; 86,8 in test 3.
Depends on this result, it shows that jigsaw method is able to growing and improving the studying motivation of students. It is improve in every meeting of Al-Qur’an and Hadits subject. The improvement starts with increasing of the understanding in every item, braveness in discussion, asking to the friends and teachers, and the responsibilities in the tasks that the teachers give. The evaluations that used in this research are using the monitoring in students activity, students enthusiasm, teamwork and the last is using the written test as the final result that will be obtained by the author.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Jigsaw; Motivasi Belajar; Al-Qur’an Hadits; Jigsaw Method; Studying Motivation; Al-Qur’An and Hadits | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2016 17:42 | ||||||
Last Modified: | 06 Dec 2016 17:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/5010 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |