Karimah, Ita Meilina (2015) Implementasi Model Cooperative Learning melalui Metode Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VII-C SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130117.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning akan memudahkan siswa dalam mengikuti proses belajar, karena dalam pembelajaran ini siswa belajar secara berkelompok dan saling membantu antara siswa yang satu dengan siswa yang lain dengan tujuan agar siswa yang belum bisa menjadi bisa. dan model Pembelajaran ini di kombinasikan dengan metode pembelajaran Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu karena dalam metode pembelajaran ini, untuk melihat seberapa faham siswa tentang materi yang sudah di ajarkan oleh guru yaitu dengan cara tanya jawab yang di kemas menjadi sebuah permainan yang di sebut dengan Who Wants To Be A Smart Student sehingga siswa tidak akan jenuh dengan pembelajaran IPS ini apalagi pembelajaran IPS yang bersifat deskriptif dan hafalan.
Tujuan umum dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses Implementasi model Cooperative Learning melalui Metode Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VII-C SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. Sedangkan tujuan secara khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan perencanaan Model Cooperative Learning melalui metode Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-C SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. 2) Mendiskripsikan pelaksanaan Model Cooperative Learning melalui metode Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-C SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. 3) Mendiskripsikan penilaian Model Cooperative Learning Melalui Metode Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-C SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. adapun penelitian ini dilaksanakan di Kota Jember, tepatnya di SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember.
Desain penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif. yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus penelitian, yang berawal dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, dokumentasi, observasi. sedangkan data yang kualitatif dianalisis secara kualitatif, sedangkan data yang kuantitaif dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa data empirik dari hasil observasi, Implementasi model Cooperative Learning melalui metode Who Wants To Be A Smart Student untuk meningkatkan motivasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII-C SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. melalui instrumen observasi menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar siswa dari pre test nilai rata-rata 1,46 pada siklus I meningkat menjadi 1,80 atau sekitar 23%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 2,40 atau sekitar 64%, lalu pada siklus III meningkat menjadi 2,86 atau sekitar 96%.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti memberikan beberapa saran, bahwa model Cooperative Learning melalui metode Who Wants To Be A Smart Student perlu diterapkan dalam proses pembelajaran dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi untuk membuktikan tentang pengaruh model Cooperative Learning melalui metode Who Wants To Be A Smart Student terhadap motivasi belajar IPS Terpadu dengan desain yang berbeda dan lebih valid. kemudian guru harus bisa menentukan atau memilih materi yang benar-benar bisa diterapkan dengan metode Who Wants To Be A Smart Student dalam proses belajar-mengajar dapat diperoleh hasil yang optimal.
ABSTRACT
Using a cooperative learning model in studying will make student to be easier in learning process. because in this learning, student learns in groups and help each others. It aims to help student in understanding the subject, this learning model combined with Who Wants to be a Smart Student learning method to improve student's learning motivation on integrated social science subject. Because in this learning method is to know student's understanding about the subject that has been taught by teacher with question and answer session which is made as a game. it is called as Who Wants to be a Smart Student so that the students can understand with this subject. Moreover this learning is descriptive and memorizing.
The general purpose of this research is to know the implementation of Cooperative Learning model process by using Who Wants to be a Smart Student Method to improve student's learning motivation on IPS subject at VII-C grade of SMPN 1. While the specific purpose to be achieved in this research is: 1) to describe the planning of Cooperative Learning Model by using Who Wants to be a Smart Student method to improve student's learning motivation on IPS subject at VII-C grade of SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. 2). To describe the implementation of Cooperative Learning Model by using Who Wants To Be A Smart Student method to improve student's learning motivation on IPS subject at VII-C grade of SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember 3) To describe the valuation of Cooperative Learning Model by using Who Wants To Be A Smart Student method to improve student's learning motivation on IPS subject at VII-C grade of SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. This research taken in Jember, exactly at SMPN 1 Pakusari regency Jember.
This research is Classroom Action Research by using qualitative approach conducted three cycles of research. it is started from planning activity, implementation of the action, observation and reflection. Data collection techniques used are: interview, documentation, observation. qualitative data analyzed qualitatively, whereas quantitative data analyzed using quantitative descriptive
The results showed that the empirical data of observation, Implementation of Cooperative Learning model by usiang Who Wants To Be A Smart Student method to improve student's learning motivation on IPS subject at VII-C grade of SMPN 1 Pakusari Kabupaten Jember. through the instrument of observation showed that increase in student's learning motivation from pre-test average value of 1.46 in the first cycle is 1.80 or 23%, whereas II cycle is 2,40 or 64%, in III cycle is 2,86 or 96%.
Based on the results of this study, the writer give some suggestions, that Cooperative Learning model by using Who Wants To Be A Smart Student method need to be implemented in learning proces and need to be studied to show the effect of this method on learning motivation of IPS student with different design and valid. Then the teacher must determind or choose the subject which can be implemented by using Who Wants To Be A Smart Student method in teaching and learning process in order to get optimal result.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Cooperative Learning; Who Wants To Be A Smart Student; Motivasi Belajar; IPS Terpadu; Cooperative Learning; Who Wants To Be A Smart Student; learning motivation; Integrated of Social Sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 10:48 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 10:48 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48548 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |