Utami, Ridha Dwi (2015) Strategi pembelajaran IPS terpadu di SMPN 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
11130103.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (901kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Stategi pembelajaran merupakan rencana tindakan ternasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran. Strategi pembelajaran menentukan pendekatan yang dipilih guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran merupakan suatu konsep yang dipilih untuk mnecapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran meliputi pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran. Pemilihan strategi pembelajaran tidak terlepas dari kurikulum yang digunakan dan karakteristik peserta didik..
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Mengetahui desain pembelajaran yang digunakan guru IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Malang berdasarkan kurikulum 2013 yang telah diberlakuakan, (2) Memahami startegi pembelajaran yang dilakukan guru IPS kelas VII di SMP Negeri 5 Malang berdasarkan kurikulum 2013 yang telah diberlakukan, (3) Mengetahaui hasil evaluasi pembelajaran pada siswa kelas VII oleh guru IPS di SMP Negeri 5 Malang.
Untuk mencapai tujuan diatas peneliti digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskroptif kualitatif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan melakukan verifikasi atau penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Desain Pembelajaran yang dugunakan guru IPS terpadu kelas VII adalah dengan membuat Rencana Persiapan Pembelajaran (RPP), Pembuatan media pembelajaran, untuk memudahkan guru menyampaikan dan menyajikan materi pelajaran, (2) Strategi Pembelajaran yang digunakan guru IPS kelas VII adalah Strategi Pembelajran Discovery, dengan Metode Pembelajaran Diskusi, Preseentasi, dan Ceramah Interaktif. (3) Guru IPS Terpadu kelas VII menggunakan Evaluasi Pembelajran model Test dan Non Test, Lisan dan Tertulis.
ABSTRACT
Learning strategy is a plan of action including the use of methods and utilization of various resources in learning. Learning strategies determine the chosen approach of teachers to achieve learning objectives.
Learning strategy is a concept that was chosen for mnecapai learning objectives effectively and efficiently. Learning strategies encompassing the approach, methods, and techniques of learning. Selection strategy is inseparable from the curriculum used and the characteristics of learners.
The purpose of this research is: (1) the instructional design applied seventh grade social studies teacher at SMPN 5 Malang based curriculum that has diberlakuakan 2013, (2) Understanding the learning strategy conducted seventh grade social studies teacher at SMPN 5 Malang based curriculum 2013 has been applied, (3) derive the results of the evaluation of learning in seventh grade students take a social studies teacher at SMPN 5 Malang.
To achieve the above objectives the researchers used a qualitative research approach to the type of qualitative research deskroptif . Key instrument is the researcher himself , and data collection techniques are observation , interviews , and documentation . Data were analyzed by reducing the data , presenting data , and perform verification or conclusion.
The results showed that , ( 1 ) Design Lessons dugunakan integrated social studies teacher is to create a class VII Preparation Plan (RPP ) , Making learning media , to facilitate teachers deliver and present the subject matter , ( 2 ) Learning Strategies used grade social studies teacher VII is pembelajran Strategy Discovery , the Learning Method Discussion, Preseentasi , and Interactive Lecture . ( 3 ) Integrated IPS Master class VII using pembelajran Evaluation Test and Non- Test models , Oral and Written .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ali, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajarn; IPS Terpadu; Learning Strategy; Integrated social sciences | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 17 Mar 2023 10:42 | ||||||
Last Modified: | 17 Mar 2023 10:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48535 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |