Responsive Banner

Implikasi matakuliah kewirausahaan dalam peningkatkan minat dan motivasi mahasiswa berwirausaha: Studi kasus pada mahasiswa pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial angkatan 2012 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Masluhah, Jazilatul (2015) Implikasi matakuliah kewirausahaan dalam peningkatkan minat dan motivasi mahasiswa berwirausaha: Studi kasus pada mahasiswa pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial angkatan 2012 Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
11130087.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha dan atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan, menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar. Pendidikan kewirausahaan harus diajarkan sebagai suatu disiplin ilmu tersendiri yang independen karena kewirausahaan berisi bidang pengetahuan yang utuh dan nyata yang mana terdapat teori, konsep, dan metode ilmiah yang lengkap. Dengan begitu pendidikan kewirausahaan diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui implikasi matakuliah kewirausahaan dalam meningkatkan minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Malang Angkatan 2012, (2) mengetahui faktor-faktor pendorong dan penghambat minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Malang Angkatan 2012, (3) mengetahui solusi dalam menyelesaikan faktor penghambat minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Malang Angkatan 2012.

Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara editing, klasifikasi, memberi kode penafsiran dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Matakuliah kewirausahaan mempunyai implikasi dalam meningkatkan minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS angkatan 2012, (2) faktor-faktor pendorong dan penghambat minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Malang Angkatan 2012 berasal dari faktor eksternal dan internal, (3) solusi dalam menyelesaikan faktor penghambat minat dan motivasi berwirausaha mahasiswa Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Malang Angkatan 2012 adalah berawal dari pribadi masing-masing dan menjalin kerjasama kerjasama antara mahasiswa, orang tua, dosen dan jurusan.

ABSTRACT

Entrepreneurship is a person’s spirit, attitude, and ability in handling a company and/or activity which leads to efforts to find, create, and applying ways of technology and new product works by increasing the efficiency whether to give a better service or gain bigger profits. Entrepreneurship education should be taught as an independent knowledge discipline because entrepreneurship contains knowledge which is integrated and real which has complete theories, concepts, and scientific methods. In that way, entrepreneurship education is hoped to increase students’ interest and motivation in entrepreneurship.

The objectives of this study is: 1. To find out the implication of entrepreneurship course in increase students of Social Knowledge of Tarbiyah and Teacher Education Faculty at UIN Malang year 2012’s interest and motivation in entrepreneurship, 2. To find out the supporting and obstacle factors for students of Social Knowledge of Tarbiyah and Teacher Education Faculty at UIN Malang year 2012’s interest and motivation in entrepreneurship, 3. To find the solution in facing the obstacle factors for students of Social Knowledge of Tarbiyah and Teacher Education Faculty at UIN Malang year 2012’s interest and motivation in entrepreneurship To obtain the objectives mentioned above, the researcher used qualitative research approach in case study form. The key instrument of this study is the researcher itself. The data was collected by using observation, interview and documentation. The data analyzed through editing, classification, coding, and drawing conclusion.

The study result shows that 1. Entrepreneurship course has implication in increasing Social Knowledge year 2012 students’ interest and motivation in entrepreneurship, 2. Supporting and obstacle factors of Social Knowledge year 2012 students’ interest and motivation in entrepreneurship come from internal and external factors, 3. Solution in facing the obstacle factors of Social Knowledge year 2012 students’ interest and motivation in entrepreneurship comes from every person personal and making a teamwork between students, parents, lecturers, and the faculties.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Mansur, Muhammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMansur, MuhammadUNSPECIFIED
Keywords: Kewirausahaa; Minat; Motivasi; Entrepreneurship; interest; motivation
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 17 Mar 2023 10:37
Last Modified: 17 Mar 2023 10:37
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48510

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item