Khoifah, Rokhmawati (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat terhadap mata pelajaran ekonomi pada Siswa Kelas X IPS MAN 3 Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
11130083.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa metode. Salah satu yang termasuk metode pembelajaran kooperatif yaitu mode pembelajaran talking chips. Pembelajaran tipe talking chips merupakan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan seluruh siswa selama proses pembelajaran dan memberikan kesempatan untuk bekerjasama antar siswa dengan kemampuan homogennya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe talking chips untuk meningkatakan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat terhadap mata pelajaran ekonomi pada kelas X IPS di MAN 3 Kediri.
Penelitian menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahapan penelitian mengikuti Kemmis dan Taggart yaitu berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi (pemilihan/ penyederhanaan) data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus, untuk mengolah data nilai yang berupa skor keaktifan siswa yang dianalisis dengan pencapaian persentase.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe talking chips dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat pada kelas X IPS di MAN 3 Kediri. Hal ini terlihat dari peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I aspek kelancaran 42,50% aspek kerjasama ditemukan persentase sebesar 42,50% dan aspek keberanian siswa dalam berargumen 42,50%. Pada siklus II aspek kemandirian meningkat menjadi 57,00% aspek kerjasama ditemukan persentase sebesar 66,50% dan aspek keberanian siswa dalam berargumen 68,00%.
ABSTRACT
Cooperative learning offers several methods. One that includes cooperative learning methods learning mode i.e. talking chips. Learning type talking chips is a model of learning that can enable all students during the learning process and provide an opportunity for cooperation between students with the capabilities of a homogenous.
The purpose of this study is to describe the process of planning, implementation, and assessment of cooperative learning using type talking chips to the liveliness of the students in the increase suggested to economic subjects in class X MAN 3 IPS in Kediri.
Research using this type of class action Research (PTK) stages of research following the Kemmis and Taggart is a cycle that includes planning, implementation, observation and reflection. This research data collection using the techniques of observation, interview and documentation. Data were analyzed by descriptive qualitative with the interactive analysis of reduction (simplification of selection) data, data presentation and the withdrawal of the conclusions made in the interactive form with data collection as a process cycle, to cultivate the value data in the form of score students who analyzed the liveliness with achievement percentage.
Based on the results of the research that has been done can be concluded that the application of the cooperative learning-type talking chips may increase the liveliness of the students in the class suggested X MAN 3 IPS in Kediri. This can be seen from the increase in student learning and achievement of liveliness on each cycle. On cycle I of the smooth cooperation aspects found 42.50 percentage of 42.50 and aspects of courage in students argued 42.50. On cycle II aspects of independence increased to 57.00 aspects of cooperation found the percentage of 66,50 and aspects of courage in students argued 68.00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips; Keaktifan Siswa dalam Mengemukakan Pendapat; Cooperative Learning-type Talking Chips; the liveliness of the students in the Suggested | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:50 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2023 10:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48446 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |