Sulastari, Sulastari (2015) Pemanfaatan media pembelajaran internet dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas X di UPT SMKN 1 Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi merupakan suatu set yang dapat membuat individu melakukan suatu kegiatan-kegiatan tertentu untuk mencapai suatu tujuan. Bagi para siswa, pemanfaatan media internet dalam belajar, misal untuk mencari informasi-informasi yang ter up to date yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, maka akan dapat memicu serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Ekonomi merupakan sebuah mata pelajaran yang selalu mengalami perubahan dari zaman ke zaman. Untuk itu guna mencapai suatu keberhasilan dalam proses pembelajaran, diperlukanlah media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perencanaan pemanfaatan media pembelajaran internet dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di UPT SMKN 1 Pasuruan , (2) mengetahui pemanfaatan media pembelajaran internet dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di UPT SMKN 1 Pasuruan, (3) mengetahui evaluasi pelaksanaan pembelajaran dan motivasi dalam penggunaan media pembelajaran internet dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di UPT SMKN 1 Pasuruan.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Perencanaan di dalam pemanfaatan internet sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Ekonomi sangat baik untuk digunakan dalam membantu guru untuk mempermudah penyampaian pembelajaran kepada siswa. (2) Proses pembelajaran ekonomi dengan memanfaatkan media pembelajaran internet sangat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dengan adanya kemandirian para siswa untuk mencari informasi- informasi yang berkaitan dengan materi yang diajarkan, selain itu kehadiran media pembelajaran internet ini dapat menjadikan kegiatan belajar mengajar Ekonomi lebih menyenangkan. (3) Mengenai evaluasi pembelajaran dan motivasi mengenai pemanfaatan media pembelajaran internet dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran internet. Adanya faktor pendukung dan penghambat dalam pemanfaatan media pembelajaran internet dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung diantaranya tersedianya sarana dan prasarana sekolah yang cukup lengkap, seperti adanya lab-lab yang berkaitan dengan computer, tersedianya wifi di area sekolah, serta kemajuan teknologi saat ini yang semakin berkembang dengan pesat. Selain itu terdapat pula faktor penghambat, diantaranya jaringan wifi yang disediakan sekolah kurang cepat atau lemot, biaya cukup mahal serta tidak semua siswa mempunyai laptop maupun handpone guna menunjang pemakaian internet.
ABSTRACT
Motivation is a set of trigger enabling people to do a certain activity in order to achieve a goal. For students, the use of internet media in learning such as to search an updated information related to the material being taught will trigger and increase their motivation to learn economics which is always changing. Therefore, a learning requires an updated media to achieve success in the process.
The study aims to: (1) determine the planning of internet learning media use in improving ten grader students' motivation in economics subject in UPT SMK 1 Pasuruan, (2) examine the use of internet learning media in in improving ten grader students' motivation in economics subject in UPT SMK 1 Pasuruan, (3) determine the evaluation of the implementation and motivation in the use of internet learning media in in improving ten grader students' motivation in economics subject in UPT SMK 1 Pasuruan.
To achieve the objectives, the descriptive qualitative study employs a qualitative approach. The key instrument of the study is the researcher itself. Data collection techniques consist of observation, interviews and documentation. The data are analyzed by reducing irrelevant data, presenting data and drawing conclusions.
The results show that, (1) The planning of the Internet learning media is necessary for teachers to deliver the materials. (2) The learning process by utilizing the internet learning media is helpful in improving students' motivation. It can be seen from the students’ independence in searching information related to the material. In addition, the media can make a fun learning process. (3) Related to the learning evaluation and motivation, there are some supporting and inhibiting factors in the use of internet learning media. Supporting factors include the complete school facilities and infrastructure, such as the computer laboratory, school Wi-Fi, and other technological advance. Inhibiting factors include a slow Wi-Fi network, the high cost, and the low availability of laptop or mobile phone to support internet use.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Media pembelajaran Internet; Motivasi Belajar; Internet learning media; Learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:53 | ||||||
Last Modified: | 06 Jul 2023 14:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48376 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |