Masroin, Roudhotul (2015) Penanaman karakter tanggung jawab dan peduli sosial melalui pelajaran sosiologi dan budaya sekolah pada Siswa Kelas X IPS MAN 2 Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
11130004.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Karakter merupakan kumpulan tata nilai yang menuju pada suatu sistem, erat kaitannya dengan kebiasaan yang kerap dimanifestasikan dalam pemikiran, sikap, dan perilaku yang ditampilkan oleh seseorang. Penanaman karakter melalui pelajaran merupakan penanaman karakter yang disisipkan oleh seorang guru dalam kegiatan belajar mengajar. Sedangkan penanaman karakter melalui budaya sekolah adalah melalui kegiatan rutin dan pembiasaan siswa dilingkungan sekolah. Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini membuat umat manusia semakin mudah dan terfasilitasi untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginannya, namun dibalik kemudahan itu ternyata bisa menyebabkan krisis moral jika kita tidak mampu memanfaatkan dengan baik, sehingga perlunya sebuah pendidikan karakter, terutama pengembangan karakter tanggung jawab dan peduli sosial.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penanaman karakter tanggung jawab dan peduli sosial melalui pelajaran Sosiologi pada siswa kelas X IPS MAN 2 Tulungagung, (2) mendeskripsikan penanaman karakter tanggung jawab dan peduli sosial melalui budaya sekolah pada siswa kelas X IPS MAN 2 Tulungagug, (3) mendeskripsikan faktor yang berpengaruh dalam pembinaan pendidikan karakter pada siswa kelas X IPS MAN 2 Tulungagung
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Adapun penelitian ini terbatas pada penanaman karakter tanggung jawab dan peduli sosial malalui pelajaran Sosiologi dan budaya sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumenter. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan, yaitu: 1) pra lapangan, 2) pekerjaan lapangan, dan 3) analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penanaman karakter tanggung jawab dan peduli sosial melalui pelajaran sosiologi meliputi: perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, (2) Penanaman karakter tanggung jawab dan peduli sosial melalui budaya sekolah melalui: keteladanan/contoh, teguran/nasihat, kegiatan rutin, dan pengkondisian. (3) Faktor yang berpengaruh dalam pembinaan karakter di MAN 2 Tulungagung adalah faktor keluarga, masyarakat, dan media massa, tetapi hanya kecil prosentase siswa yang belum berkarakter.
ABSTRACT
Character is a collection of values toward system, its dealing with a habit manifested in thinking, attitude and behavior presented by a person. Formation of character through lesson is a formation held by teacher to the students in the process of teaching and learning process. Whereas the formation through school culture is through routine and students habituation within the school. With the development of science and technology today makes humanity easier and facilitated to meet all needs and desires, but behind the facilitation, it could lead to a moral crisis if we are not able to utilize it well. So, an educational character is needed, especially for the development of responsibility and social care character.
The objectives of this research are: 1) describing the formation of responsibility and social care character through sociology to social sciences 1st grade students of MAN 2 Tulungagung, 2) describing the formation of responsibility and social care character through school culture to social sciences 1st grade students of MAN 2 Tulungagung, 3) describing the influential factors in controlling the educational character to social sciences 1st grade students of MAN Tulungagung.
To achieve those objectives, researcher uses a qualitative descriptive approach with qualitative type. This research limited to a formation of responsibility and social care character through sociology and school culture. The collection of data technique using a deep interview, observation, and documentation. This research consist of three stages, those are: 1) pre field, 2) field work, and 3) data analysis.
The results show: 1) the formation of responsibility and social care character through sociology including: planning, implementation and learning evaluation, 2) the formation of responsibility and social care character through school culture including: good example, advise, routine, and controlling. 3) The influential factors are family factor, mass media, but small percentage indicated students who have not character yet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Bashith, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penanaman Karakter Tanggung Jawab; Peduli Sosial; Pelajaran Sosiologi; Budaya Sekolah; Formation of Responsibility Character; Social Care; Sociology; School Culture | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 09 Mar 2023 13:55 | ||||||
Last Modified: | 09 Mar 2023 13:55 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/48170 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |