Wardani, Lulu' Sukma (2016) Penerapan Modifikasi Dongeng sebagai bentuk keterampilan Positive Parenting. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
12410107.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Peran orangtua sangatlah penting bagi masa perkembangan anak, terlebih di tengah pertumbuhan media elektronik dan teknologi yang semakin pesat. Perlu adanya keterampilan dalam positive parenting yang tepat pada masa perkembangan anak agar dapat berkembang dengan baik, baik kreativitas, imajinasi, karakter, dan sebagainya. Dalam hal ini media yang sesuai dapat berupa dongeng, melihat urgensi dari dongeng yang sangat banyak memberikan manfaat dalam perkembangan dan perilaku anak. Seiring dengan berjalannya waktu, dongeng mengalami modifikasi, pengasuhan positif dengan menggunakan modifikasi ini sangat bermanfaat bagi anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek yang diteliti sebanyak 3 orang spesifiknya adalah orangtua yang memiliki keterampilan berpengasuhan positif menggunakan modifikasi dongeng. Metode penelitian menggunakan teknik wawancara sebagai metode utama dan dokumentasi sebagai metode sekunder serta observasi sebagai metode pelengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modifikasi dongeng merupakan bagian dari keterampilan berpengasuhan positif dengan prinsip-prinsipnya. Keterampilan positive parenting dalam bentuk dongeng ini fleksibel diterapkan kepada anak, kapan pun, di manapun, dalam kondisi apapun. Ditemukan banyak urgensi yang diperoleh melalui dongeng bagi perkembangan anak, dan sudah sepantasnya dongeng diterapkan.
ABSTRACT
The role of parents is very important for the development of children, especially because of the growth of electronic media and rapid technological nowdays. It need what an appropriate care for children development,such as creativity, imagination, character, and so on. In this case the appropriate medium is a fairy tale, seeing the urgency of the fairy tale is much beneficial to develope children’s behavior. Over times, fairy tale was modified as a part of positive parenting skill. This phenomenon encouraged researcher to explore and examine on the matter.
This study used a qualitative approach with phenomenology type. Subjects consist of 3 people who used fairy tale skill as a parenting by interview as a primary method, documentation as a secondary method and observation as a complementary method. The result showed that fairy tale is a part of positive parenting skill with its prinsiples. This fairy tale modified is flexsibly apllied for children development anytime, anywhere an however the condition.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahpur, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Keterampilan; Positive Parenting; Perkembangan Anak; Modifikasi Dongeng Skill; Positive Parenting; Children Development; Modified of Fairy Tale | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 07 Mar 2023 09:59 | ||||||
Last Modified: | 07 Mar 2023 09:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/47920 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |