setyawati, Ike (2008) Manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah: Studi tentang proses dan peran manajemen di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110114.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sejalan dengan tuntutan zaman, perkembangan masyarakat, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dunia pendidikan sudah menginjak kakinya kedalam dunia inovasi. Inovasi dapat berjalan dan mencapai sasarannya, jika program pendidikan ada di madrasah tersebut direncanakan dan dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan tuntutan zaman. Oleh karena itu, kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya perlu dan harus memahami menajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah (proses dan peran manajemen di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo) tempat mereka bertugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan ketentuan yang telah digariskan. Karena manajemen pengembangan kurikulum merukan segala usaha sekolah untuk memperbaiki, mengarahkan, meyakinkan, pelaksanaan kegiatan yang sekarang maupun yang akan datang dengan memberikan informasi, mempengaruhi sikap, menambah kecakapan dan ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan baik di madrasah maupun di luar madrash (ekstrakurikuler).
Dalam hal ini, lokasi penelitiannya di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Dikarenakan ada beberapa hal, yaitu: (1) Madrasah Aliyah Nurul Jadid merupakan lembaga naungan pondok pesantren, (2) Madrasah Aliyah Nurul Jadid merupakan lembaga tingkat menengah dan mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mampu bersaing dengan lembaga favorit yang sederajat di Desa Karanganyar Paiton Probolinggo.
Dari uraian diatas, maka dalam penelitian ini dapat diangkat suatu permasalahan: (1) Bagaimana Proses Manajemen Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?; (2) Bagaimana Peran Pimpinan (Kepala Sekolah&Waka Kurikulum) dalam Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?; (3) Bagaimana Peran Yayasan dalam Pengembangan Kurikulum Di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?; (4) Bagaimana Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul jadid Paiton Probolinggo?; (5) Bagaimana Peran Komite Madrasah dalam Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?; (6) Bagaimana Model Pengembangan Kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo?.
Metode yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan deskriptif yang bersifat mendalam (eksploratif) dan menyeluruh (integral) sebagai bentuk dari penelitian studi kasus, dengan mendasarkan pada berfikir deduktif (umum ke khusus) dan induktif (khusus ke umum). Atau dengan kata lain bahwa penelitian ini akan mendialogkan data teoritik (kepustakaan) dan empirik (lapangan) secara bolak balik dan kritis.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) proses manajemen pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid ini berpedoman pada fungsi manajemen. Dikarenakan manajemen diartikan sebagai proses merencana, mengorganisasian, memimpin/menggerakkan, dan mengawasi/mengendalikan upaya organisasi dengan segala aspeknya. (2) Peran pimpinan madrasah dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid ini bahwa pimpinan madrasah yang peneliti lakukan hanya menyangkut kepala madrasah dan waka kurikulum, karena beliau merupakan pimpinan yang diharapkan mampu mengantarkan sekolah pada tujuan bersama yang diharapkan. Dikarenakan peran pimpinan madrasah sangatlah berat. Untuk itu pimpinan sekolah harus mengerti dan faham akan fungsi dan tugasnya. (3) Peran yayasan dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Alioyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo lebih berat dari peran pimpinan (Kepala Madrasah dan Waka Kurikulum) karena Yayasan merupakan pembina dalam menaungi semua lembaga yang ada dipesantren. (4) Peran guru dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo tidak hanya dikelas saja, melainkan ia juga seorang komunikasi, pendorong pembelajaran, pengembang alat-alat belajar, penyusunan oraganisasi, manajer sistem pengajaran, pebimbing, baik disekolah maupun dimasyarakat. (5) Peran Komite Madrasah dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo yang paling dominan dilihat secara faktual dimana Komite Madrasah selalu hadir dalam pertemuan dalam hubungan keuangan, mutu siswa, mendatangani semua surat, mengontrol, mengawasi dalam kegiatan yang berhubungan diluarsekolah seperti; mencari tenaga fisik dan finansial.(6) Model pengembangan kurikulum yang diterapkan oleh Madrasah Aliyah Nurul Jadid Paiton Probolinggo kurikulum nasionalnya memakai sesuai dengan perkembangan kurikulum. Sedangkan kurikulum internasinalnya memakai acuan kurikulum cambridge karena siswa kelas MBI diharuskan untuk mendapatkan sertifikat Cambridge untuk pelajaran matematch and science. Setelah itu digabungkan oleh Madrasah Aliyah Nurul Jadid dengan menjadi kurikulum adaptasi dan kurikulum adopsi. Kurikulum adaptasi yaitu menyesuaikan materi yang ada pada kurikulum cambridge ke kurikulum nasional. Kurikulum adopsi yaitu mengengambil kurikulum cambridge yang tidak ada di lingkungan nasional. Berdasarkan "Pedoman Penjamin Mutu Madrasah Berstandart Internasional". Model pengembangan burikulum, kita bergabung dengan forum MGMP sekolah berstandart internasional Jawa Timur. Penerapnnya kita punya guru ahli (dari universitas Jember) dan guru inti (dari madrasah sendiri) dalam pelaksanaan tutorial di madrasah. Hambatannya, yaitu: (1) Guru umum dan guru pelajaran MAFIKIB belum seluruhnya bisa berbahasa inggris dan menguasai ICT; (2) Yang banyak berperan dalam pengembangan kurikulum yaitu guru ahli/dosen dan guru bidang study Matematika dan IPA, yang lainnya mendukung saja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Proses Manajemen; Peran Manajemen; Pengembangan Kurikulum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Kurnia Ningsih | ||||||
Date Deposited: | 08 Sep 2016 16:01 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2016 16:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4755 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |