Rachman, Fansay Cinta Amalia (2012) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi nasabah dalam memutuskan menabung di bank BRI unit Tumpang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (fulltext)
08130063 full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bank umum adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syari’ah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Dalam suatu pelayanan jasa, kualitas pelayanan sangat diperlukan demi menarik konsumen dan memberikan kepuasan terhadap konsumen yang menggunakan jasa tersebut. Kualitas pelayanan adalah perbandingan antara kenyataan dengan harapan pelanggan atau nasabah. Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Strategi ini dikenal dengan nama marketing mix yang terdiri dari 4P (product, price, location, promotion).
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan (x1) dan strategi pemasaran (x2) terhadap keputusan nasabah menabung di bank BRI Unit Tumpang secara parsial atau individu maupun secara simultan atau bersama-sama.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survei dan teknik pengambilan sampelnya adalah dengan metode Probability Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang sama bagi setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Instrument penelitian ini berupa kuesioner. Pengujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable kualitas pelayanan (X1) dan variable strategi pemasaran secara bersama-sama mempunyai hubungan dan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan menabung di bank BRI Unit Tumpang dengan koefisien regresi berganda sebesar ( R ) 0,461 atau 46,1% dan tingkat signifikan 0,000 serta nilai F hitung sebesar 14,402. Selain itu nilai R square yang diperoleh adalah 0,212 (21,2%). Variable yang berpengaruh signifikan secara parsial adalah kualitas pelayanan (X1) dengan nilai p = 0,004 < 0,05 sedangkan variable strategi pemasaran (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan menabung (Y) karena nilai p = 0,103 < 0,05.
ABSTRACT
Public Bank is the bank does effort activity conventionally and based on Shariah principle in which activities give services in a traffic payment.. In a service, quality of care is needed in order to attract consumers and to give satisfaction to the consumers who use these services. Quality of service is the comparison between the reality and wish customers or clients. Banks as financial institutions that produce financial services also need a marketing strategy to market its products. This strategy is known as the marketing mix consisting of the 4Ps (product, price, location, promotion).
The purpose of this study is to explain the effect of quality of service (x1) and marketing strategies (x2) against the decision of customers save money in the bank BRI Unit Tumpang partially or simultaneously individually and togetherness.
The type of study is used by reasearches is quantitative research by using a survey approach and sample collection technique is the method of probability sampling, that is technique of sample taking give opportunities for every member of the population to be sampled. Instrument of research is a questionnaire. Testing instrument uses the validity testing and reliability testing. While the methods of data analysis uses multiple linear regression with the F test and t test.
These results indicate that the variable quality of service (X1) and variable marketing strategies together to have a relationship and a significant influence on the decision to save the bank BRI Unit Mixed with regression coefficient of (R) 0.461, or
46.1% and a significant level 0.000 and the calculated F value of 14.402. Besides the R square value obtained was 0.212 (21.2%). Significant variable affecting the quality of service is partial (X1) with p-value = 0.004 < 0.05, while marketing strategy variables (X2) had no significant effect on the decision to save partial (Y) for p-value = 0.103 <0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Julaihah, Umi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Strategi Pemasaran; Keputusan Menabung | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Fadlli Syahmi | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 12:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46802 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |