Manshur, Firman Syah (2006) Pendidikan Akhlak: Studi tentang Implementasi PAI dalam Pembinaan Akhlak anggota Pramuka UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
99140710.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (508kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu faktor penunjang dalam pendidikan moral. Orang yang bermoral adalah orang yang memiliki sikap batin yang baik dan melakukan perbuatan-perbuatan yang baik pula. Sikap batin itu sering kali juga disebut hati. Orang yang baik memiliki hati yang baik. Akan tetapi sikap batin yang baik baru dapat dilihat oleh orang lain setelah terwujud dalam perbuatan lahiriyah yang baik pula. Selain itu itu pendidikan Islam merupakan salah satu faktor yang membentuk kepribadian yang luhur bagi anggota pramuka. Selain membentuk kepribadian yang luhur, pendidikan agama Islam juga bertujuan menanamkan keimanan pada diri anggota pramuka yang tercermin dalam akhlak mereka sehari- hari.
Untuk mengetahui implementasi pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlak anggota pramuka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keadaan moralitas anggota pramuka, bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan moral mereka, faktor apa saja yang mempengaruhi dalam pendidikan moral. Setelah penelitian ini dilaksanakan, diharapkan menjadi salah satu gambaran bagi pendidik agam Islam dalam meningkatkan metode pembelajarannya.
Dalam merealisasikan tujuan tersebut diatas, maka digunakan dua pendekatan yaitu pendekatan teoritis yaitu dengan melakukan studi kepustakaan yang ada kaitannya dengan judul skripsi dengan menggunakan metode deduktif dan induktif. Dan pendekatan empiris yang bertujuan untuk mengetahui secara langsung gambaran obyek penelitian yang dilakukan dengan mencari, mengamati, dan mengolah data yang diperoleh dari hasil penelitian.
Penelitian ini dilakukan di pramuka UIN Malang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi, sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan prosentase sebagai berikut : P = F/N x 100%
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam berpengaruh dalam pembentukan moralitas anggota pramuka. Pendidikan yang efektif dilakukan adalah dengan membentuk lingkungan yang agamis sehingga dapat berpengaruh langsung dengan aktifitas mereka. Sedangkan lingkunagn yang kurang mendukung dalam pembentukan moral mereka adalah adat istiadat pergaulan serta kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan kedalaman spiritual dan kematangan jiwa.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendidik dalam memberikan pendidikan, pengaruh kemajuan teknologi yang secara tidak langsung memberikan dampak pada perilaku seseorang. Dalam pendidikan moral perlu diperhatikan latar belakang yang timbul dari masing- masing individu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan Islam; pendidikan akhlak; anggota pramuka | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 16 Feb 2023 15:32 | ||||||
Last Modified: | 16 Feb 2023 15:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46732 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |