Roziqi, M. Abdul Rofiq (2007) Strategi Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
02110299.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (695kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Sebuah upaya yang urgen yang harus dilakukan Komite Sekolah bagaimana berperan sebagai penopang kinerja lembaga pendidikan dan tindak lanjut seberapa besar kontribusi, kepedulian masyarakat terhadap lembaga pendidikan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. Komite Sekolah merupakan wujud dari sebuah pemberdayaan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan disekolah yang sumua itu mengandung pemahaman bahwa masyarakat harus mempunyai rasa memiliki dan respon terhadap penyelenggaraan pendidikan. Oleh karena itu dengan berbekal motivasi untuk selalu berbenah diri dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan maka perlu adanya sebuah wadah untuk menampung aspirasi masyarakat yaitu Komite Sekolah dalam setiap satuan pendidikan. Karena itu bisa mendorong akuntabilitas public terhadap pendidikan disekolah akan lebih baik sebab secara tidak langsung sekolah memiliki tanggung jawab moral terhadap masyarakat, kemudian bisa meningkatkan kepedulian masyarakat untuk bertanggung jawab terhadap kinerja sekolah, serta bisa membantu pengelola sekolah untuk mengembangkan sekolah menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya pengelola pendidikan saja melainkan masyarakat juga terlibat.
Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang perlu dikaji dalam penelitian ini adalah pertama bagaimana strategi Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Surya Buana Malang, kedua apa faktor- faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Surya Buana Malang. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui bagaimanakah strategi Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Surya Buana Malang, kedua untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas pendidikan di MTs Surya Buana Malang.
Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Cara menganalisa data yaitu dengan cara mereduksi, mendisplay dan verifikasi. Sedangkan obyek penelitian dilakukan di MTs Surya Buana Malang.
Adapun hasil penelitian yang sudah kami lakukan dapat penulis sampaikan bahwasanya strategi Komite Sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah sesuai dengan batasan yang sudah penulis lakukan yaitu meliputi empat aspek pertama dari aspek manajemen, Komite Sekolah menjembatani dengan perlu adanya pelibatan masyarakat dalam artian masyarakat diberi keluasan untuk urun rembug dan dihimbau agar senantiasa mempunyai rasa memiliki dan tanggung jawab yang penuh terhadap berlangsungnya pendidikan, kedua aspek sumber daya manusia (guru), usaha-usaha yang dilakukan Komite Sekolah yaitu mengadakan study banding, mendelegasikan seminar dan pelatihan, serta memberikan tips pendidikan ringan. ketiga aspek kurikulum, untuk masalah kurikulum ini Komite Sekolah bekerja sama dengan wakaur kurikulum dalam penyusunanya lebih melihat kebutuhan siswa untuk menggali potensi-potensi yang ada serta menghimbau pada wali murid untuk terus melakukan pendampingan dan bimbingan ketika berada di rumah dalam mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari apa yang telah didapat dari sekolah, dan keempat aspek sarana dan prasarana, Komite Sekolah berupaya memaksimalkan dana yang berasal dari infaq wali murid untuk dijadikan sebagai penunjang berlangsungnya proses belajar mengajar. Yang semua itu bertujuan memaksimalkan peran masyarakat atau orang tua siswa untuk rasa memiliki rasa tanggung jawab yang penuh terhadap berlangsungnya pendidikan, disamping adanya sebuah kepedulian masyarakat Komite Sekolah dan penyelenggara pendidikan harus trasparansi, akuntabilitas, dan demokrasi dalam segala hal yang terkait dengan pengembangan lembaga tersebut agar terjadi sinergitas atau kesinambungan antara semua pihak dan tidak terjadi kesalah fahaman. Adapun faktor pendukungnya adalah partisipasi wali murid, telah mengetahui peran dan fungsinya, dan keinginan semua pihak untuk terus maju, sedangkan faktor penghambatnya adalah masih adanya sikap wali murid yang acuh tak acuh, kurangnya komunikasi, pecahnya konsentrasi pendidik serta sarana dan prasarana yang terbatas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mubarok, Zulfi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Komite Sekolah; Kualitas Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46667 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |