Qomariyah, Nurul (2007) Strategi pengembangan Kurikulum pada Sekolah Alam di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110215.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (321kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kurikulum merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah sistem pendidikan. Pengembangan kurikulum juga sama pentingnya dalam proses pendidikan. Mengingat betapa pentingnya komponen kurikulum dalam sebuah sistem pendidikan tersebut, maka selama ini kurikulum selalu mengalami perubahan, atau lebih tepatnya penyempurnaan. Hal ini dilakukan agar kurikulum bisa sejalan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dalam upaya pengembangan kurikulum ini banyak kita jumpai berbagai macam permasalahan yang menyertainya. Salah satunya adalah, saat ini pengembangan kurikulum belum berorientasi pada kepentingan peserta didik (peserta didik sebagai child oriented), tetapi kurikulum dikembangkan ke arah peserta didik sebagai objek. Untuk megatasi permasalahan yang selalu menyertai pengembangan kurikulum, diperlukan strategi yang tepat agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep Sekolah Alam di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang, kedua adalah untuk mengetahui strategi pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh sekolah ini, terakhir adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat strategi pengembangan kurikulumnya. Karena itulah peneliti sengaja mengambil objek pada Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang, karena Madrasah ini adalah sekolah dengan sistem fullday scholl dan berbasis Alam.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data, dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang sebagai pihak- pihak yang terkait. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, disini penulis sertakan lampiran sebagai pelengkap data.
Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat disampaikan disini bahwa konsep Sekolah Alam di MTs Surya Buana Malang ini tertuang dalam konsep pembinaan Sekolah Alam Bilingual Surya Buana Malang, yaitu dengan “developing based triple R”, yaitu Reasoning, Research, dan Religius. Strategi pengembangan kurikulum di MTs Surya Buana Malang adalah dengan cara presentasi model/ metode pembelajaran oleh guru yang mengajar, sedangkan strategi pembelajaran dengan triple R (Reasoning, Research, Religius) yang digunakan mengadopsi teori pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Selain itu ada strategi lain yang dilakukan yaitu program pemberdayaan serta pengoptimalkan Sumberdaya Manusia khususnya guru. Strategi-strategi yang dilakukan Madrasah ini sudah cukup bagus, hal ini dapat dilihat dari hasil prestasi akademik siswa dalam mewakili sekolah yang selalu berhasil menjuarai perlombaan tingkat daerah maupun tingkat nasional. Program- program dan strategi yang dilaksanakan tersebut sangat mendukung proses pengembangan kurikulum. Kalaupun ada strategi lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Pengembangan Kurikulum; Sekolah Alam | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Feb 2023 14:39 | ||||||
Last Modified: | 17 Feb 2023 14:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46621 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |