Aini, Kurrotul (2012) Implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada Siswa Kelas IV MI Taufiqus Sibyan Pamekasan Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140051.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang professional. Stategi pembelajaran kooperatif merupakan salah satu stategi yang ada dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bagi guru-guru khususnya guru Aqidah Akhlak penguasaan terhadap metode pembelajaran kooperatif sangatlah diperlukan guna memperbaiki dan memperbaharui metode pembelajaran kooperatif yang sesuai dengan tuntunan dan perkembangan jaman untuk menyiapkan generasi penerus Islam yang akan hidup dijamannya, sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas IV MI Taufiqus Sibyan Pamekasan Madura, serta menanamkan nilai-nilai Aqidah dan Akhlaknya.
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada siswa kelas IV di MI Taufiqus Sibyan Pamekasan-Madura.
Metode penelitian yaitu menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan penelitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dukumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif karena pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Taufiqus Sibyan Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model make a match, dan numbered heads together,dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dapat mengoptimalkan proses pembelajaran, hal ini ditunjukkan oleh adanya perubahan pada antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak, indikator yang dicapai adalah: Menunjukkan rasa ingin tahu yang tinggi, tampak bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas, berusaha mengerjakan tugas dalam waktu yang ditentukan, tampak gembira dan senang selama mengikuti pembelajaran. Selain itu, pembelajaran kooperatif model make a match, dan numberd heads together dapat mempererat hubungan kerja sama antar siswa, saling menghargai argumen/ pendapat anggota kelompoknya, dan melatih tanggung jawab atas keputusan yang diambil.
ABSTRACT
The understanding of the learning method is a requirement for a professional teacher. Cooperative learning strategy is a strategy which contain curriculum based competency. For teacher, especially faith and character teacher, the understanding of learning cooperative method is very important to improve and to renew the skill of the teacher in teaching learning process. It is because of this methods is appropriate with the demand and development nowadays in order to prepare the next Islamic generation in it. It is important to know the implementation of faith and character education using cooperative learning model for the student on the fifth grade MI Taufiqus Sibyan Pamekasan – Madura, and also to implant the values of faith and character.
The aim of the study was to describe the effort of increasing the faith and character education using cooperative learning model for the student on the fifth grade MI Taufiqus Sibyan Pamekasan – Madura
The research method used class action research (CAR). The steps of the research were in form of cycles which consisted of planning, action, observation, and reflection phases. The collecting data used observation, interview, and documentation technique. The analyzing data was done by qualitative descriptive because of this research used qualitative approach research. The resource of data was the students on the fifth grade MI Taufiqus Sibyan Pamekasan – Madura.
The result of data shown that the cooperative learning model by make a match and numbered heads together in faith and character education can optimum the learning process. It is shown by the enthusiasm of the students in learning process. The achieved indicators were: showing the high curious, high motivation in doing the task, trying to submit the task on time, it seems happy and enjoy during the learning process. Beside that, the cooperative learning model by make a match and numbered heads together in faith and character education can close the student relationship in the work team, respect the argument for each other, and train the responsibility on decision which was taken.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghony, M. Djunaidi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembelajaran Kooperatif; Aqidah Akhlak; Cooperative learning; faith and character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:49 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46396 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |