Nurwiga, Adhin Maulidya (2012) Pengembangan buku panduan praktikum Ipa untuk meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas V pada materi sifat cahaya dan alat optik di MI Negeri Gedog Kota Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
08140036.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berhubungan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, atau prinsip-prinsip saja tetapi juga merupakan suatu proses penemuan. Proses pembelajarannya menekankan pada pemberian pengalaman secara langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alam sekitar secara alamiah.
Untuk mewujudkan pembelajaran tersebut maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar berupa buku panduan praktikum sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pada materi Sifat Cahaya dan Alat Optik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R & D), dengan model Dick and Carey yang memiliki sepuluh langkah dalam prosedur pengembangannya. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Gedog Kota Blitar dengan mengambil kelas 5 A dan 5 B yang masing-masing berjumlah 25 siswa, dan masing-masing kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa buku panduan praktikum mendapat penilaian kualifikasi yang baik, karena berdasarkan hasil validasi diperoleh nilai dari guru mata pelajaran sebesar 90% yang berarti buku panduan praktikum sangat layak dan tidak perlu revisi, dari uji coba lapangan buku panduan praktikum mendapat kualifikasi layak dari semua subyek validasi uji coba lapangan. Dari ahli isi mendapat nilai 85,3% dan berada pada kualifikasi layak sehingga tidak perlu revisi, sedangkan dari ahli desain buku ajar buku panduan praktikum mendapat nilai 86% dan berada pada kualifikasi layak, sehingga buku tidak perlu revisi.
Dengan program SPPS 17.0 didapatkan bahwa hasil uji t berpasangan, pada signifikansi (2-tailed) tertulis 0.000. Apabila 0.000 0.050 = sangat signifikansi. Jadi, buku panduan praktikum terbukti secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas 5 MIN gedog Kota Blitar. Dengan melihat rata-rata (mean) kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen yaitu 52,88 < 76,44, maka dapat dikatakan bahwa buku panduan praktikum IPA terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran IPA pada materi Sifat Cahaya dan Alat Optik pada siswa kelas 5 di MI Negeri Gedog Kota Blitar. Dari perhitungan manual dengan menggunakan uji t- test berkorelasi (related) didapat hasil – ttabel thitung + ttabel atau – 2, 029 4,245 + 2,029 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, kesimpulannya terdapat perbedaan signifikan pada prestasi belajar IPA siswa kelas 5 yang menggunakan buku panduan praktikum dengan prestasi IPA siswa kelas 5 yang tidak menggunakan buku panduan praktikum di MI Negeri Gedog Kota Blitar.
ABSTRACT
Natural science (IPA) deals with how to find out about the systematic nature, so that the IPA is not only the mastery of knowledge in the form of a collection of facts, concepts or principles course but also a process of discovery. The learning process emphasizes providing direct experiences to develop competencies in order to explore and understand the nature around them naturally.
To realize that learning is in need of development of teaching materials lab manual so as to increase its specific student achievement on the material properties of light and optics.
This study uses this type of research and development (R & D) This study uses this type of research and development with a model Dick and Carey who has ten steps in its development procedures. This research carried on in MI Negeri Gedog kota Blitar by taking classes 5 A and 5 B, each of which amounted to 25 students, and each class as a class of control and experimental class.
Based on the results of research in to it that the lab manual have a good assessment of qualifications, as based on the validation results obtained from the subject teachers by 90% which means the book is well worth the practical guide and does not need revision, from a field trial lab manual gets qualifications worthy of all the subjects validation field trials. Of content experts scored 85,3% and are on a decent qualification that does not need revision, while the design of expert teaching lab manual scoring 86% and are on a decent qualification, so the book does not need revision.
With the SPSS 17.0 program in getting the results of paired t-test on the significance (2-tailed) are written in 0.000. If 0.000 < 0.050 = very significance. So, the book proved practical guide can significantly improve student achievement grade 5 MI Negeri Gedog Kota Blitar. by looking at the average (mean) control class smaller compared to the experiment is 52,88 < 76,44, then it can be said that the science lab manual proved to be significantly effective for improving learning achievement ipa subject to the material nature of light and optical devices to students in grades 5 MI Negeri Gedog Kota Blitar. of manual calculations using t-test correlated (related) can result in a table-t <tcount <+ table or -2,029 <4,245 <2,029 mean + ho and ha is denied acceptance, his conclusions are significant differences in learning achievement IPA grade 5 students who did not use the lab manual in MI Negeri Gedog Kota Blitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Astuti, Rini Nafsiati | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | IPA; pembelajaran; buku panduan; praktikum; Science; Learning; Handbook; Practical work | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2023 12:51 | ||||||
Last Modified: | 10 Feb 2023 12:51 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46365 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |