Kholidul, Iman (2016) Strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa: Study kasus di rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Full text)
12110231.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu upayanya adalah dengan menghafalnya. Menghafal kalamullah yang jumlahnya begitu banyak menurut akal sangat sulit menjalaninya. Apalagi bagi seorang santri yang merangkap sebagai siswa. Maka dari itu, Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang membuat strategi untuk memudahkan menghafal Al-Qur’an bagi santri, khususnya bagi santri yang masih bersekolah.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang, (2) Untuk mendeskripsikan strategi menjaga hafalan dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang, (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung pelaksanaan strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang.
Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif untuk menganalisis data-data berupa kalimat atau kata. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat studi kasus, karena peneliti melihat langsung masalah yang terdapat dalam lokasi dan memperhatikan keadaan yang diteliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penyajian kesimpulan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi menghafal Al-Qur’an bagi siswa yang diterapkan di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang adalah strategi “tidak beralih pada ayat berikutnya sebelum ayat yang sedang dihafal benar-benar hafal” dengan 2 bentuk pelaksanaan, yaitu: Membaca bin-nadzri sebelum setor tambahan, membaca 12 surat pilihan. (2) Strategi menjaga hafalan dalam menghafal Al-Qur’an bagi siswa yang diterapkan di Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang adalah strategi “pengulangan ganda” dengan 2 bentuk pelaksanaan, yaitu: khataman tiap bulan, dan deresan wajib. (3) Faktor pendukung jalannya pelaksanaan strategi menghafal bagi siswa di RT daqu dipengaruhi oleh 4 faktor, yaitu: Kesadaran diri, motivasi, cita-cita menjadi hafidz, dan lingkungan.
ENGLISH:
Al-Qur’an is perfect holy book which becomes direction for human beings, so it is a compulsory for Moslem community to keep it, one of the efforts is by memorizing it. Memorizing kalamulloh in which the number is getting a lot is logically very difficult to do, moreover, for santri who are as student at once. Thus, Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang creates strategy to ease how to memorize Al-Qur’an for santri, especially for those who are as students in formal school as well.
This research is aimed: (1) to describe the strategy of memorizing Al-Qur’an for the students in Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang, (2) to describe the strategy of keeping what has been memorized for the students in Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang, (3) to describe supporting factors on realization of memorizing Al-Qur’an’s strategy for students in Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang.
The method used in this research is descriptive qualitative methods to analyze data which is in the form of sentences or words. The kind of research used is cases study because the researcher observes directly to the problem emerges in the location and notices the condition researched. The technique to collect the data is observation, interview and documentation. The data is analyzed by collecting data, reducing data, displaying data and drawing conclusion.
The result shows that: (1) the strategy of memorizing Al-Qur’an applied for the students in Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang is “not moving into the following verse before verse which is memorizing is really memorized well’ with two realization forms: ”reading bin-nadzri before additional delivering, reading 12 choice surah. (2) the strategy of keeping what has been memorized for the students applied in Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang is ‘double repeatition” with two realization forms: monthly khataman and deresan in a must. (3) Supporting factors on realization of memorizing Al-Qur’an’s strategy for students in Rumah Tahfidz Daarul Qur’an Putra Kepanjen Malang are influenced by 4 factors: self awareness, motivation, a dream to be hafidz, and environment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Menghafal Al-Qur’an; Siswa; Strategy; Memorizing Al-Qur’an; Students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Siti Maimunah | ||||||
Date Deposited: | 25 Aug 2016 09:23 | ||||||
Last Modified: | 05 Jan 2018 14:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4625 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |