Raharjo, Anas Sugih (2012) Penerapan metode Drill dan penggunaan media kartu untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian dan pembagian pada siswa kelas V A di MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
07140021.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode drill adalah suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan latihan, agar siswa memiliki ketangkasan atau ketrampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari. Dalam referensi yang lain metode drill adalah satu kegiatan melakukan hal yang sama, berulang-ulang secara sungguh-sungguh dengan tujuan untuk memperkuat suatu asosiasi atau menyempurnakan suatu ketrampilan agar menjadi bersifat permanen. Ciri yang khas dari metode ini adalah kegiatan berupa pengulangan yang berkali-kali dari suatu hal yang sama. Dengan demikian terbentuklah pengetahuan-siap atau ketrampilan-siap yang setiap saat siap untuk di pergunakan oleh yang bersangkutan.
Adapun tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan pengalaman belajar siswa sebelum pembelajaran menggunakan penerapan metode drill dan penggunaan kartu untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian dan pembagian pada siswa kelas VA di MI Nurul Huda Mulyorejo- Malang. (2) Mendeskripsikan proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran menggunakan penerapan metode drill dan penggunaan kartu untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian dan pembagian pada siswa kelas VA di MI Nurul Huda Mulyorejo-Malang. (3) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menggunakan penerapan metode drill dan penggunaan kartu untuk mengatasi kesulitan belajar perkalian dan pembagian pada siswa kelas VA di MI Nurul Huda Mulyorejo-Malang.
Penelitian yang penulis lakukan ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode antara lain observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi responden adalah guru mata pelajaran matematika beserta wali kelas dan siswa-siswi kelas VA MI Nurul Huda Mulyorejo-Malang. Sedangkan untuk menganalisisnya penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data–data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Berdasarkan hasil pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi, maka metode drill dan penggunaan media kartu mampu untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Metode drill dan penggunaan media kartu sangat sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu tentang perkalian dan pembagian. Siswa aktif dan antusias dalam mengikuti pelajaran, siswa aktif bertanya dan siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Sedangkan bukti yang lain adalah pernyataan
siswa yang menyatakan senang terhadap metode drill dan pengguanan media kartu yang diterapkan dalam pembelajaran, sehingga kelas lebih hidup. Nilai rata- rata siswa pada siklus I adalah 81.085. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 74.36% yang di lihat dari jumlah nilai siklus I pertemuan pertama dan juga pertemuan kedua. Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 87.6087. Siswa yang mengalami ketuntasan belajar pada siklus II sebanyak 92.31% yang di lihat dari jumlah nilai siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus II adalah 92,73 yang dilihat dari jumlah nilai siklus III. Dan siswa yang berhasil dalam ketuntasan belajar mencapai 97.43%. Hasil persentase mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II.
ABSTRACT
Method drill is someway teach where student perform training activities, that student has knack or superordinate skill of what do be studied. In the other reference methodics drill is one activity doing the same thing, again and again ala no nonsense with aim to strengthen an association or perfecting a that skill as gets permanent character. Typical characteristic of this method is activity as looped as scores of times of a the same thing. Thus was formed by science ready or ready skill that each while ready to at uses by that pertinent.
There is aim even that wants to be reached from this research is:(1) Describing students learned experience before learning utilize drill method implement and card purpose to bridge over multiple studying and division on student brazes VA at MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. (2) Describing planning process, performing, learning evaluation utilize drill method implement and card purpose to bridge over multiple studying and division on student brazes VA at MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. (3) Describing learning result utilize drill method implement and card purpose to bridge over multiple studying and division on student brazes VA at MI Nurul Huda Mulyorejo Malang.
Research that writer does it include in action research braze with kualitatif approaching. In researcher data collecting utilizes many methods for example observation, interview, essay, and documentation. There is even that as respondent is learn therewith mathematics subject guardian class and schoolgirl student braze VA MI Nurul Huda Mulyorejo Malang. Meanwhile for analizer writer utilizes analisys descriptive kualitatif which is as data–data that written or verbal of person and behavioural one is observed so in this case writer gets effort to arrange research that gets character to figure thoroughly about real situation.
Base observing result, interview, essay, and documentation, therefore method drill and card media purpose is able to bridge over student studying. Drill method and card media purpose so in accordance with chastened material which is about multiple and division. Active student and agog deep follows study, active student asks and student get to increase its studying result. Meanwhile the other prove is student statement that declare for pleasing to methodic drill and used is card media that is applied in learning, so more class lives. Student average value on i. cycle is 81.085. Student that experience studying thoroughness on I. cycle as much 74.36% ones at looking of total meet I. cycle point first and also appointment both of. Student average value on cycle II is 87.6087. Student that experience studying thoroughness on II cycle as much 92.31% ones at looking of total II cycle point. Student average value on cycle II is 92,73 one that is seen of total III cycle point. And successful student deep thoroughness studies to reach 97.43%. Percentage result experience step-up of I. cycle and II cycle.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode drill; kesulitan belajar; drill method; learned handicap | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 07 Feb 2023 07:31 | ||||||
Last Modified: | 22 Jun 2023 08:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46231 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |