Aminah, Aminah (2009) Penerapan Strategi Pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII-A pada pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05100226.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah sebuah proses kesadaran kritis yang menjadi tanggung jawab semua lingkungan pendidikan, yang salah satunya adalah sekolah. Sekolah tidak terlepas dari seorang pendidik, guru, fasilitator, dalam proses belajar mengajar (PBM) guru berkewajiban menciptakan suasana belajar mengajar yang efektif dan menyenangkan agar siswa termotivasi untuk mempelajari apa yang seharusnya mereka pelajari. Oleh karena itu guru perlu mempersiapkan secara matang rencana pembelajaran yang akan diberlakukan pada siswa dengan mengacu pada karakteristik siswa tersebut.
Strategi pembelajaran Card Sort merupakan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dapat meningkatkan motivasi belajar di sekolah. Dalam penelitian ini penulis merumuskan permasalahan sebagai berikut : 1) Bagaimana bentuk penerapan strategi pembelajaran Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII A pada pelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri Batu? 2) Bagaimana motivasi belajar siswa Kelas VII A MTs. Negeri Batu pada pelajaran Aqidah Akhlak setelah diterapkan strategi pembelajaran Card Sort ? 3) Bagaimana kelemahan dalam penerapan strategi pembelajaran Card Sort di Kelas VII A MTs. Negeri Batu? yang bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Card Sort di kelas VII A MTs. Negeri Batu dan untuk mengetahui efektifitas strategi Card Sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs. Negeri Batu.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reserach) dengan jenis kolaboratif partisipatoris, mengikuti model Kurt Lewin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi (aktivitas kelas, interview dan test sebagai data tambahan), wawancara dan dokumentasi.. Data bersifat kualitatif dan peneliti sebagai instrumen kunci. Adapun rencana tindakannya meliputi kegiatan merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, merefleksi.
Berdasar data yang diperoleh di lapangan dapat disimpulkan bahwa penerapan startegi Card Sort dengan menggunakan metode berkelompok, diskusi, mencari pasangan kartu dan tim kuis serta media yang menarik sangat mampu membuat motivasi belajar siswa pada pelajaran Aqidah akhlak menjadi meningkat. Motivasi belajar siswa kian meningkat dari setiap pertemuan mulai dari adu cepat menempelkan kartu, mencari pasangan kartu, cerita bergambar dan terutama ketika memakai metode kuis/tebak-tebakan antar kelompok dengan menggunakan kartu, hal itu membuat siswa semakin paham dengan materi dan semakin bersemangat belajar. Kelemahan yang ada pada strategi Card sort yang telah diterapkan adalah : Guru tidak cukup satu orang karena butuh patner yang membantu mengkondisikan siswa ketika startegi diterapkan Guru perlu memberikan penjelasan langkah-langkah yang telah dibuat ketika strategi diterapkan karena ketika tidak jelas maka akan membuat kelas semakin ramai dan tidak efektif. Guru perlu waktu dan biaya yang tidak sedikit untuk membuat media dari strategi Card Sort Apalagi yang menarik.Guru perlu kreatif dalam membuat metode dan media sehingga tidak monoton dan bosan. Guru perlu merangsang motivasi siswa dengan stimulus-stimulus yang sesuai dengan perkembangan pola pikir seusia mereka.
Saran yang dapat penulis berikan kepada pihak-pihak yang terkait yaitu hendaknya Kepala Sekolah lebih memantau proses pembelajaran Agama khususnya dan pembelajaran yang lain pada umumnya agar kualitas pembelajaran lebih ditingkatkan. Guru Aqidah Akhlak hendaknya lebih kreatif dan variatif dalam menggunakan strategi dan membiasakan siswa lebih aktif guna meningkatkan motivasi belajarnya. Dan diharapkan bagi semua guru terutama guru agama untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembelajaran sehingga siswa tidak hanya mengetahui ilmu agama tapi bisa memahami pentingnya agama bagi kehidupan dan bisa menerapkan ilmu yang diketahuinya dengan mudah dan menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Card Sort; Motivasi Belajar; Aqidah Akhlak | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:09 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46207 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |