Musa’adatin, Musa’adatin (2009) Peran Bimbingan Konseling dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 5 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110221.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (21MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Bimbingan dan konseling adalah suatu badan yang sangat di perlukan dalam sebuah lembaga pendidikan, karena dengan adanya bimbingan dan konseling maka akan sangat membantu siswa atau guru-guru yang lain mengatasi suatu masalah, dan dapat memberikan arahan kepada siswa dan bimbingan konseling juga bisa membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal. Sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memaparkan tentang bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam meningkatka prestasi belajar pendidikan agama Islam serta peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa di SMAN Malang.
Penelitian ini dilakukan di sekolah yang bertaraf ISO yaitu SMAN 5 Malang, sekolah ini merupakan sekolah yang berada dalam naungan departemen pendidikan nasional, penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif yang hasilnya berupa narasi dan kata-kata dan bukan angka untuk menggambarkan tentang pelaksanaan dan peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan presatsi belajar pendidikan agama Islam di SMAN 5 Malang.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik sesuai dengan programnya, dan adapun program yang dilaksanakan adalah membuat program harian, mingguan, bulanan dan tahunan. Begitu juga bimbingan konseling mempunyai peranan sebagai pengubah, sebagai konselor dan juga untuk membantu siswa agar bisa menjadi lebih baik, sehingga dapat disimpulkan tentang pelaksanaan dan peran bimbingan konseling di SMAN 5 Malang dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya pendidikan agama Islam, yaitu dengan memberi arahan, motivasi dan bantuan pemecahan masalah dalam pembelajaran siswa maka siswa dapat melaksanakan tugas belajarnya dengan baik dan optimal serta berprestasi lebih baik.
Dari penelitian yang telah dilaksanakan selama dua bulan, maka penulis memberikan saran untuk mempertahankan, mengembangkan smutu pendidikannya serta diadakannya penambahan jam bimbingan dan konseling untuk membimbing siswa yang sedang mengalami kesulitan atau masalah dalam belajar, sehingga siswa mampu menjadi lebih baik dan berprestasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bimbingan dan Konseling; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:09 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46204 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |