Mismaruddin, M. (2010) Konvergensi Kurikulum Madrasah dan Ma’had untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110200.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (976kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu cara yang di lakukan lembaga pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1 adalah dengan mengkonvergensikan kurikulum madrsah dan Ma’had untuk memudahkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran dan mempraktekkan-nya khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang di berikan di Madrasah dan Ma’had Madrasah, guna membantu keefektifan proses pembelajaran khususnya oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam. Berangkat dari latar belakang inilah, kemudian dalam penelitian ini diambil tujuan penelitian: (1) mendeskripsikan kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1 (2) mendeskripsikan kurikulum Ma’had yang mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Gresik1, dan (3) mendeskripsikan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam kaitannya dengan kurikulum Madrasah dan Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1.
Penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, interview, serta dokumentasi. Menganalisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni berupa dat-data yang tertulis atau wawancara secara lisan dari orang yang terlibat dalam penelitian ini (informan) serta perilaku yang diamati, sehinggga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh.
Adapun hasil penelitian ini adalah, Pertama: kurikulum pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1. Untuk mata pelajarannya sendiri di Madrasah Aliyah ada empat mata pelajaran yang diberikan di kelas X dan XI yaitu (Qurdis, Fiqh, Akidah, bahasa Arab) sedangkan untuk kelas XII mata pelajaran akidah diganti dengan SKI, Jumlah alokasi waku jam pelajaran di Madrasah adalah 45 jam, dan untuk alokasi jam pelajaran untuk Pendidikan Agama Islam di Madrasah adalah 5 jam ditambah dengan pelajaran Bahasa Arab 3 jam, untuk mulok pendidikan agama dan Bahasa Arab madrasah mempunyai KKM untuk setiap mata pelajaran. Kedua: kurikulum Ma’had yang mendukung pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1 Kurikulum Ma’had ditekankan pada kemampuan siswa-siswi dalam mempelajari al-qur’an (Membaca, menulis, mengartikan), ubudiyah (memahami dan memperaktekan), dan berakhlak mulia, dan kecakapan bi lingual Program diniyah bilingual terdapat tingkatan yang harus ditempuh siswa sesuai dengan standar sebagai berikut: (1) Menyimak atau mendengarkan (Listening/al-Istima’), (2) Berbicara (Speaking/al-Kalam/al-Muhadatsah), (3) Membaca (Reading/al- Qiro’ah), (4) Menulis (Writing/al-Kitabah). ketiga: efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam kaitannya dengan kurikulum Madrasah dan Ma’had di Madrasah Aliyah Negeri Gresik 1, karena telah memenuhi dan telah melaksanakan ciri-ciri dalam efektivitas pembelajaran, antara lain : (a) penguasaan bahan ajar yang dipelajari, bahan yang akan diterima siswa harus sesuai dengan tingkat penguasaan peserta didik bukan memberikan bahan ajar yang sukar diterima dan dicerna oleh siswa. Dengan memanfaatkan bahan ajar (LKS), buku paket depag, dan buku pendukung yang relevan siswa lebih mudah dalam menguasai materi, (b) siswa merasa senang dalam proses belajar, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik dan menyenangkan dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah dan Ma’had Madrasah, (c) siswa menjadi senang terhadap Madrasah, dengan nilai yang baik dalam belajar dan ber-akhlakul karimah kecintaan siswa terhadap Madrasah akan tumbuh, (d) siswa menjadi taat terhadap berbagai aturan yang ada di masyarakat, siswa yang sudah terbiasa disiplin maka akan terbiasa tertib dan teratur sehingga siswa akan patuh terhadap peraturan baik di Madrasah, Ma’had, dan masyarakat, (e) mengajar menghasilkan semua yang diinginkan untuk tercapai, memanfaatkan bahan ajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan di dukung kurikulum Madrasah dan Ma’had dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil belajar yang optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Madrasah; Ma’had; Efektivitas Pembelajaran | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 06 Feb 2023 11:07 | ||||||
Last Modified: | 06 Feb 2023 11:07 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46174 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |