Sa’diah, Halimatus (2010) Kreativitas guru dalam mengajar anak usia dini di PAUD Roudhotul Jannah Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110147.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (984kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Kreativitas ialah kemamapuan berfikir seseorang untuk melahirkan gagasan yang lancar, luwes, perinci baru dan asli atau menghasilkan pemecahan masalah yang berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya. Sedangkan Guru merupakan salah satu faktor yang memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar, hal ini dikarenakan guru adalah orang yang berhubungan langsung dengan anak didik dalam proses pembelajaran. Dengan kreativitas guru dalam proses belajar mengajar diharapkan anak didik dapat mencapai hasil belajar yang maksimal. Karena sudah barang tentu guru yang memiliki kreativitas dapat meningkatkan mutu hasil belajar anak didiknya. Oleh karena karena itu Guru merupakan salah satu komponen pengajar dan memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar anak. Namun kenyataan yang ada di lokasi PAUD Roudhatul Jannah Malang dari hasil pengamatan peneliti anakanak PAUD kurang berminat dalam belajar, terutama dalam mengenal simbolsimbol Islam atau hurufhuruf hijaiyah. Selain itu anakanak juga sering bermain sendiri tanpa menghiraukan arahan dari guru, hal ini dikarenakan kurangnya kreativitas kreativitas yang digunakan oleh guru sehingga banyak anakanak yang kurang berminat dan termotivasi dalam belajar. Dari deskripsi di ataslah sehingga penulis tertarik untuk mengambil judul: “ Kerativitas Guru Dalam Mengajar Anak Usia Dini di PAUD Roudhotul Jannah Malang”.
Berkaitan dengan hal tersebut di atas, maka skripsi ini mengkaji tentang: 1. Bagaimana bentuk kreativitas guru dalam mengenalkan simbolsimbol agama Islam di PAUD Roudhatul Jannah Malang? 2. Apakah kreativitas guru dalam mengenalkan simbolsimbol agama Islam dapat meningkatkan minat belajar anak usia anak usia dini di PAUD Roudhatul Jannah Malang?
Adapun manfaat dalam penelitian ini adalah:1.Untuk mengetahui bagaimana bentuk kreativitas guru dalam mengenalkan simbolsimbol Islam di PAUD Roudhatul Jannah Malang. 2. Untuk menggetahui apakah kreativitas guru dalam mengenalkan simbolsimbol agama Islam dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di PAUD Roudhatul Jannah Malang.
Penelitian yang dilakukan penulis ini termasuk penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai datadata terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut di atas yang telah diamati, dimana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Kreativitas yang beraragam yang digunakan oleh guru dalam mengenalkan simbolsimbol Islam, ternyata minat belajar anakanak PAUD Roudhotul Jannah sudah meningkat dan berhasil. Hal in terbukti bahwa ratarata anakanak sudah bisa mengenalkan simbolsimbol Islam Masjid dan AlQur’an. yang dijelaskan kepada anakanak dan diselingi dengan bermain untuk mencari gambar yang cocok sesuai dengan pertanyaan guru. Kreatifitas yang lain ialah dengan membuat simulasi Ka’bah dari bahan yang sederhana sehingga anakanak sangat tertarik untuk belajar. Disamping itu guru juga membuat nyanyiannyanyian seperti lafal Allahu Akbar, sehingga anakanak kompak melafalkan lafal tersebut dengan serentak dan semangat. Selain itu juga bila guru memberikan tebakan atau pertanyaan yang berkaitan dengan simbol agama islam seperti Masjid yang di dalamanya terdapat huruf hijaiyah. Bahwasanya ratarata anak sudah bisa menjawab dengan baik sekalipun tidak seratus persen benar. Ini artinya bahwa kreativitaskreativita yang dilakukan oleh guruguru PAUD Roudhotul Jannah sudah baik dan memiliki peningkatan.
ABSTRACT
Creativity is the ability to think for someone to bear the idea of a smooth, supple, detailed the new and original or produce a different solution to what has been there before. While the teacher is one factor that plays an important role in teaching and learning, this is because teachers are the people who deal directly with students in the learning process. With the creativity of teachers in the learning process students are expected to achieve maximum learning results. Because, of course, teachers who have the creativity to improve the quality of learning outcomes students. Therefore, because the teacher is one component of the teacher and play an important role in teaching and learning of children. But the reality on the location of early childhood Roudhatul Jannah Malang from the observation of children early childhood researchers less interested in learning, particularly in recognizing the symbols of Islam or the letters hijaiyah. In addition, children also often play alone regardless of the direction of the teacher, this is due to a lack of creativitycreativity that is used by teachers so that many children who are less interested and motivated in learning. From the description above so that the writer is interested to take the title "Kerativitas Teachers In Early Childhood Teaching in Early Childhood Roudhotul Malang Jannah."
Related to the above, then this essay examines about: 1. How do teachers' creativity in introducing forms of religious symbols of Islam in early childhood Roudhatul Malang Jannah? 2. What is the creativity of teachers in introducing Islamic religious symbols to increase interest in studying early childhood age children in early childhood Roudhatul Malang Jannah?
The benefits of this research are: 1.For know how the form of teachers' creativity in introducing Islamic symbols in early childhood Roudhatul Jannah Malang. 2. To menggetahui whether teachers' creativity in introducing Islamic religious symbols will increase interest in early childhood learning in early childhood Roudhatul Jannah Malang.
Research conducted by this author include descriptive qualitative research. In the process of collecting data, the authors use several methods, the method of observation, interview and documentation. As for data analysis, the authors used a qualitative descriptive analysis techniques, namely the form of data presentation in writing of relevant data, both written and spoken from the object of research in the institutions mentioned above that have been observed, which in this case the authors describe thorough assessment of the actual situation.
Creativity is the variety used by teachers in introducing the symbols of Islam, it was of interest to study children's early childhood Roudhotul Jannah has increased and successful. It in evident that the average child was able to introduce the symbols of Islam mosque and the Qur'an. who explained to the children and interspersed with the play to find a suitable image in accordance with teachers' questions. Creativity of others is to create a simulation of the Kaaba from simple materials so that children are very interested to learn. Besides, teachers also make the songs like the pronunciation of Allahu Akbar, so that the children recite the pronunciation is compact with a simultaneous and spirit. In addition, when the teacher gives guesses or questions relating to Islamic religious symbols such as mosques in which there are letters hijaiyah. That the average child is able to respond properly even if not a hundred percent correct. This means that the creativitykreativita conducted by early childhood teachers Roudhotul Jannah is good and has improved.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Muhammad, Suaib H. | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kreativitas Guru; Mengajar; Creativity Teachers; Teaching | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:31 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46151 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |