Anisa, Laila (2009) Implementasi Metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an: Studi kasus di SMP Taman Siswa Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110169.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (973kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode Tilawati yaitu sebuah buku panduan belajar membaca Al Qur’an yang kemudian disebut Metode Tilawati yang terdiri dari enam jilid. Secara khas buku ini menggunakan pendekatan klasikal dan individual secara seimbang. SMP yang pertama dan menjadi rujukan penerapan metode tilawati di Wilayah Malang adalah SMP Taman Siswa Malang. SMP ini adalah sekolah swasta, terakreditasi A yang notabenenya bukan sekolah Islam. Berangkat dari permasalahan di atas, maka secara umum permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah, 1) perencanaan metode tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an di SMP Taman Siswa Malang, 2) pelaksanaan metode tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an di SMP Taman Siswa Malang, 3) bentuk evaluasi metode tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an di SMP Taman Siswa Malang.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan isntrumen penunjangnya adalah berupa pedoman observasi, interview dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: 1) observasi
2) wawancara 3) dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data tertulis atau lisan dari orang atau perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan implementasi metode Tilawati dalam pembelajaran Al Qur’an di SMP Taman Siswa Malang, adalah: 1) perencanaan yang terdiri atas: a) perencanaan kegiatan meliputi, sumber perencanaan, analisis SWOT, perumusan tujuan, target dan sasaran, rencana dan strategi, dan alokasi dana; b) perencanaan pembelajaran meliputi kurikulum, GBPP, materi ajar, alokasi waktu, RPP, teknik pengajaran, media belajar, rencana evaluasi/ target kenaikan jilid; 2) pelaksanaan yang terdiri atas: a) pelaksanaan kegiatan yang meliputi; pengelompokan kelas, team pelaksana, buku teks, metode pengelolaan kelas, pengaturan ruangan dan tempat duduk, b) proses pelaksanaan pembelajaran terdiri atas; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup; 3) evaluasi yang terdiri atas: a) evaluasi kegiatan, yaitu monitoring, pembinaan, faktor pendukung dan penghambat, evaluasi hasil belajar; b) bentuk evaluasi dari pelakasanaan meliputi, evaluasi seleksi, evaluasi harian, evaluasi kenaikan jilid dan evaluasi Al Qur’an. Dari hasil penelitian sebagaimana diuraikan di atas, peneliti memberikan beberapa saran sebagai bahan masukan, yaitu koordiantor dan guru tilawati hendaknya lebih aktif, kreatif, penuh inisiatif dalam memanfaatkan media belajar, melaksanakan perencanaan evaluasi, serta selalu meningkatkan kualitas mengajar para instruktur tilawati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ulum, Mohammad Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Metode Tilawati; Al Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:32 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:32 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46121 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |