Muniriyah, Eri (2007) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan Kecerdasan Spiritual siswa di SD Islam Terpadu Permata Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Full text)
03110037.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (555kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pada hakekatnya tugas pendidikan adalah mempersiapkan generasi anak- anak bangsa agar mampu menjalani kehidupan dengan sebaik-baiknya di kemudian hari sebagai khalifah Allah di bumi. Dalam menjalankan tugas ini pendidikan berupaya mengembangkan potensi (fitrah) sebagai anugerah Allah yang tersimpan dalam diri anak, baik yang bersifat jasmaniah maupun ruhaniyah, melalui pembelajaran sejumlah pengetahuan, kecakapan, dan pengalaman yang berguna bagi hidupnya. Dengan demikian pendidikan yang pada hakekatnya adalah untuk memanusiawikan manusia memiliki arti penting bagi kehidupan anak. Hanya pendidikan yang efektif yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan mengantarkan anak-anak survive dalam kehidupan.
Menumbuhkan kecerdasan spiritual pada anak berarti menanamkan nilai- nilai agama pada anak sejak usia dini, tujuannya adalah agar anak mendapatkan kebenaran, kebaikan dan petunjuk yang lurus dalam menjalankan kehidupan di dunia dan di akhirat kelak. Penanaman nilai-nilai agama pada anak sangat penting sebab tidak ada panduan, pedoman dan pegangan hidup yang setara dengan agama. Pentingnya agama bagi seorang anak akan dirasakan nanti ketika anak tersebut telah dewasa. Berdasarkan latarbelakang tersebut, penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa di SD Islam Terpadu Permata Mojokerto.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan siswa di SD Islam terpadu permata (2) Upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa.
Metode penelitian yang digunakan penulis dalam skripsi ini adalah metode kualitatif. Adapun pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu suatu teknik penelitian berupa data-data yang tertulis atau secara lisan dari orang dan perilaku yang diamati, dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan, menguraikan dan menginterprestasikan arti data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan penulis di SD Islam Terpadu Permata dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa sudah berjalan dengan baik, hal ini di lihat dari berbagai upaya yang dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran siswa aktif selain itu juga menerapkan metode-metode pembelajaran yang bervariatif dengan berbagai pendekatan- pendekatan yang sesuai dengan tujuan dalam pembelajaran. Sehingga terbentuklah siswa yang tidak hanya ber IQ tinggi tapi sekaligus mempunyai kecerdasan spiritual (SQ). Sedangkan upaya yang dilakukan guru dalam menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa adalah melalui pembiasaan dan keteladanan serta kegiatan-kegiatan pendukung lainnya. Pembiasaan yang dilaksanakan di SD Islam Terpadu Permata Mojokerto yaitu sholat berjama'ah, muroja'ah pagi, kultum setelah sholat dhuhur serta menganjurkan siswa untuk sholat sunnah dhuha. Bentuk keteladanan di SD Islam Terpadu Permata bersifat langsung dan tidak langsung. Bersifat langsung seperti guru memberi contoh kepada siswa bagaimana sikap membaca Al-Qur'an yang baik, sikap sholat yang baik, sikap tolong menolong, penyambutan guru terhadap kehadiran siswa di pintu gerbang dengan mengucapkan salam dan berjabat tangan, sedangkan keteladanan yang bersifat tidak langsung dapat berupa tampilan fisik pribadi guru dan tenaga lainnya, suasana sekolah yang agamis, tertib, disiplin, lingkungan yang bersih, indah dan nyaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Supriyatno, Triyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Kecerdasan Spiritual | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2023 14:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/46113 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |