Husniyah, Ida Futihatul (2009) Pelaksanaan Shalat Dhuha dalam upaya meningkatkan Kecerdasan Spiritual siswa di sekolah: Studi kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110103.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (983kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk melindungi para remaja agar tidak terpengaruh oleh arus globalisasi maka sebaiknya para remaja diberikan bekal yang cukup untuk membedakan mana yang baik yang harus dilakukan dan mana yang tidak baik dan boleh dilakukan. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, banyak remaja yang terlibat pada hal-hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain. Seperti halnya tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, pemakaian obat-obatan terlarang, dsb. Berangkat dari permasalahan tersebut peneliti kemudian ingin membahasnya pada skripsi ini dengan judul “Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Di Sekolah (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang)”.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan shalat dhuha, serta bagaimana pengaruh shalat dhuha terhadap Kecerdasan spiritual siswa di sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Tambakberas Jombang.
Dalam menganalisa data yang penulis peroleh dari observasi, interview, dokumentasi dan angket peneliti menggunakan teknik analisa deskriptif dengan porsentase. Teknik analisa deskriptif penulis gunakan untuk menafsirkan serta menguraikan data yang bersifat kualitatif yang penulis peroleh melalui observasi, interview, dokumentasi. Sedangkan untuk mengolah data yang terkumpul melalui angket penullis menggunakan analisa persentase atau yang bersifat kuantitatif. Untuk data yang bersifat kuantitatif diperkuat dengan menggunakan teknik analisa porsentase yang formulasinya:
P = F / N x 100%
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan shalat dhuha secara tidak langsung mempunyai pengaruh terhadap kecerdasan spiritual siswa. Hal ini ditunjukkan adanya perubahan setelah diadakannya kegiatan shalat dhuha disekolah. Siswa lebih mengerti untuk apa di lakukannya kegiatan shalat dhuha disekolah. Siswa juga mempunyai kesadaran bahwa ketika jam istirahat lebih baik digunakan untuk shalat dhuha dari pada ngobrol dengan teman yang tidak ada gunanya. Untuk menumbuhkan kecerdasan spiritual salah satunya yaitu melalui ibadah, salah satu ibadah yaitu shalat. Ketika berada dilapangan peneliti menemukan masalah. Masalah tersebut yaitu mengenai tempat yang terbatas. Adapun saran dari penulis yaitu di pisah antara yang shalat dan yang udhur. Misalnya ditempatkan di kelas yang siswinya mendapat giliran melaksanakan shalat dhuha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Alfa, Mohammad Asrori | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Shalat Dhuha; Kecerdasan Spiritual | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
Last Modified: | 02 Feb 2023 14:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45905 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |