Wahyuni, Indah Catur (2009) Penerapan Metode Kontekstual Modeling untuk meningkatkan potensi Kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110077.Pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Metode pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah konsep belajar dimana guru menghadirkan dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari sementara siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilannya dari konteks yang terbatas, sedikit demi sedikit, dan dari proses mengkontruksi sendiri, sebagai bekal untuk memcahkan masalah dalam kehidupannya sebagai anggota masyarakat, kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. Sedangkan modeling adalah proses pembelajaran dengan memperagakan sesuatu yang dapat ditiru oleh setiap siswa.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti membatasi pembahasannya dengan rumusan masalah sebagai berikut: a).Bagaimana penerapan metode kontekstual modeling untuk meningkatkan potensi kreatifitas anak di TKIT Permata kota Probolinggo b).Apakah metode kontekstual modeling efektif untuk meningkatkan potensi kreatifitas anak di TKIT Permata kota Probolinggo. berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan yang ingin di capai adalah: a).Penerapan metode kontekstual modeling untuk meningkatkan potensi kreatifitas anak di TKIT Permata kota Probolinggo b).Efektivitas metode kontekstual modeling untuk meningkatkan potensi kreatifitas anak di TKIT Permata kota Probolinggo.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, jenis penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai atau diperoleh dengan menggunakan prosedur-prosedur statistik atau angka-angka ataupun pengukuran.
Sedangkan tehnik pengumpulan datanya melalui a).wawancara b).interview dan c).dokumentasi
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode pembelajaran kontekstual modeling di TKIT Permata Kota Probolinggo. sudah mulai ada peningkatan kreativitas siswa, walaupun sebenarnya masih ada hal-hal yang perlu dibenahi kembali, baik dari segi tenaga pendidik maupun saran dan prasarananya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ghofir, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Kontekstua; Kreativitas dan Modeling | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
Last Modified: | 01 Feb 2023 10:12 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45822 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |