Alfani, Khafid (2007) Peningkatan prestasi akademik Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS melalui Profesionalistik Dosen di Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02160042.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Prestasi merupakan hasil sesuatu kegiatan yang telah dikerjakan, diciptakan, yang menyenangkan hati yang diperoleh dengan jalan keuletan kerja, baik secara individual maupun kelompok dalam bidang kegiatan tertentu. Dalam dunia akademik prestasi mempunyai peranan yang sangat penting sebagai bentuk keberhasilan dari perjuangan yang telah dilakukan dalam waktu yang lama. Untuk memperoleh prestasi yang memuaskan dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya faktor ektirnsik dan faktor intrinsik, keduanya mempunyai peranan yang sangat besar. Dalam prestasi akademik peranan seorang dosen yang termasuk dalam faktor ektrinsik dari mahasiswa sangat berpengaruh dalam keberhasilan. Karena apabila keprofesionalan seorang dosen tinggi maka sangat mempengaruhi keberhasilan dari seorang mahasiswa. Jadi keprofesionalan seorang dosen sangat dibutuhkan mengingat pencapaian tujuan pendidikan nasional yang menghendaki seluruh warga negaranya yang berkualitas diperlukan upaya sejak dini dan beriringan dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi, maka masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya untuk bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.
Berpinjak dari latar belakang, maka permasalahan yang timbul adalah bagaimana prestasi akademik mahasiswa dalam proses belajar mengajar pada jurusan pendidikan IPS di Fakultas Tarbiyah UIN Malang, bagaimana karakteristik dosen IPS dalam kegiatan belajar mengajar dan faktor apakah yang mempengaruhi peningkatan prestasi belajar mahasiswa Jurusan pendidikan IPS di Fakultas Tarbiyah UIN Malang. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari permasalahan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di Fakultas Tarbiyah UIN Malang, mendeskripsikan bagaimana karakteristik dosen Jurusan Pendidikan IPS di Fakultas Tarbiyah UIN Malang dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap prestasi akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Untuk mengumpulkan data peneliti mengunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dengan ketua jurusan, para dosen dan mahasiswa jurusan Pendidikan IPS Fakultas Tarbiyah UIN Malang.
Pembahasan skripsi ini adalah meliputi prestasi akademik, faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi, tanggung jawab akademik, pengertian profesionalistik dosen, kriteria keprofesionalan dosen, kode etik dosen,faktor- faktor yang mempengaruhi profesionalistik dosen, peran dosen dalam pembelajaran, tugas dan tanggung jawab dosen, hubungan prestasi akademik mahasiswa dengan profesionalistik dosen.
Penelitian di lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam pengumpulan data, menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi akademik mahasiswa jurusan pendidikan IPS melalui Profesionalistik dosen di Fakultas Tarbiyah UIN Malang , adapun apabila ada hasil yang penelitian yang berbeda dapat di jadikan masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai di sini
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi; Akademik; Profesionalistik; Dosen | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2023 09:05 | ||||||
Last Modified: | 30 Jan 2023 09:05 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45678 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |