Responsive Banner

Strategi koperasi dalam mengembangkan usaha: Studi kasus pada Koperasi Agro Niaga Indonesia Kabupaten Malang

Mulyadin, Mulyadin (2007) Strategi koperasi dalam mengembangkan usaha: Studi kasus pada Koperasi Agro Niaga Indonesia Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
02110105.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK

Koperasi adalah satu badan usaha dalam perekonomian Indonesia, yang merupakan wadah kerjasama yang dibentuk dari, oleh dan untuk anggota. Koperasi terdiri dari orang- orang yang memiliki kepentingan yang sama. Sebagai suatu bentuk badan usaha, koperasi memperjuangkan pemenuhan kebutuhan ekonomi para anggotanya secara efesien. Sedangkan sebagai sekumpulan orang- orang, koperasi memiliki watak sosial (social oriented). Hal inilah yang membedakan badan usaha koperasi dengan badan usaha lainnya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, koperasi harus dikelola dengan baik dan benar. Dan dalam pengelolaan koperasi tersebut tentunya memilik i suatu strategi tertentu guna mewujudkan apa yang telah menjadi tujuan dari berdirinya koperasi. Berangkat dari latar belakang itulah pe nulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Strategi Koperasi dalam Mengembangkan Usaha (Studi Kasus pada Koperasi Agro Niaga Indonesia Kabupaten Malang).

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Bagaiamana profil Pada Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang? Bagaimana Kinerja dari masing-masing Unit Usaha yang dijalankan oleh Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang? Bagaimana penerapan strategi pengembangan usaha Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang?

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil dari Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang. Untuk mendeskripsikan kinerja dari unit usaha yang dikembangkan oleh Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang. Untuk mendeskripsikan strategi pengembangan usaha Koperasi Agro Niaga (KANINDO) Kabupaten Malang.

Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data- data yang tertulis atau lisan orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan yang sebenarnya ada di lapangan, penulis sertakan ta bel sebagai pelengkap data dengan menggunakan teknis analisis data prosentase.

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Koperasi Agro Niaga Indonesia (KANINDO) Kabupaten Malang merupakan sebuah koperasi yang dalam perkembangannya mengala mi kemajuan yang cukup sehat

Kinerja unit usaha KANINDO juga mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Hal ini bisa dilihat dari kinerja keua ngan dari dua produk KANINDO, yaitu Produk simpanan dan produk pembiayaan yang banyak mendapat perhatian dari masyarakat. Melihat dari strategi yang dijalankan KANINDO, strategi yang digunakan dalam mengembangkan usahanya cenderung pada jenis strategi pertumbuhan intensif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Yunus, Muh
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDYunus, MuhUNSPECIFIED
Keywords: Strategi Koperasi; Mengembangkan Usaha
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 27 Jan 2023 14:41
Last Modified: 27 Jan 2023 14:41
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45615

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item