Setiawan, Wulan Agus (2007) Perbedaan prestasi belajar siswa sebelum dan setelah mengikuti belajar kelompok pada mata pelajaran Ekonomi kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Pucuk Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
02160050.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (503kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Dalam pembangunan saat ini masalah pendididkan mendapat perhatian khusus dari pemerintahan karena pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting bagi keberhasilan pembangunan bangsa Indonesia. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa Oemar Hamalik amengemukakan ada dua cara yaitu belajar secara kelomopk dan belajar indifidu.Untuk meningkatkan satu pendidikan dalam proses belajar mengajar, maka seorang guru harus mampu menerapkan berbagai variasi metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi siswa, begitu juga seorang guru harus mampu menyesuaikan diri khususnya dalam bidang studinya.
Menurut Undang-undang RI No. 20, tahun 2003. “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, Bangsa dan Negara.
Dalam penelitian ini populasinya yaitu siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 6 Pucuk Kabupaten Lamongan dengan jumlah sebanyak 25 siswa. Untuk Pengambilan Sampel digunakan Tehnik populatif sampling, sedangkan pengumpulan datanya mengunakan tes pada masing-masing sampel tersebut. Analisis datanya yaitu uji t-tes dengan drajat kebebasan (df) pada taraf signifikan 5%.
Dari hasil penelitian yang di lakukan diperoleh suatu hasil yaitu nilai raa-rata siswa sebelum mengikuti belajar kelompok sebesar 1772 dari jumlah 25 siswa, dan setelah mengikuti belajar kelompok sebesar 1907 dari jumlah 25 siswa. Maka nilai rata- rata yang seelah mengikuti belajar kelompok lebih tinggi dan lebih baik dari pada siswa sebelum mengikti belajr kelompok.
Unuk toberada pada penolakan Ho sehing Ha diterima. Jadi dapa disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada prestasi belajar antara siswa kelas VIII sebelum dan setelah mengikuti belajar kelompok di SMP Muhammadiyah 6 Pucuk Kabupaten Lamongan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mujab, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Prestasi belajar; Pelajaran Ekonomi; SMP Muhammadiyah 6 Pucuk Kabupaten Lamongan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:41 | ||||||
Last Modified: | 07 Jul 2023 14:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45609 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |