Nur, Fitria (2009) Penerapan Cooperative Learning Metode Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05110017.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Banyak kritik terhadap pelaksanaan pendidikan agama yang sedang berlangsung di sekolah, bahwa PAI di sekolah lebih bersifat verbalistik dan formalis atau merupakan tempelan saja. Metodologi pendidikan agama tidak kunjung berubah sejak dulu hingga sekarang, padahal masyarakat yang dihadapi sudah banyak mengalami perubahan, sehimgga menyebabkan tidak adanya motivasi siswa untuk belajar materi PAI dan prestasi belajar PAI siswa menjadi rendah. Berawal dari latar belakang tersebut penulis tertarik untuk membahasnya dalam skripsi , dengan mengambil judul ”Penerapan Cooperative Learning Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas VII A SMPN 2 Kepanjen.
Adapun pokok permasalahan yang diteliti yaitu, bagaimana penerapan cooperative lerning metode jigsaw dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII A SMPN 2 Kepanjen?. Bagaimanakah peran cooperative lerning metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VII A SMPN 2 Kepanjen?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan cooperative learning metode jigsaw dalam mata pelajaran PAI siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kepanjen dan juga untuk mendeskripsikan bagaimanakah peran cooperative lerning metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas VII A SMPN 2 Kepanjen.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kepanjen. Dengan desain penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) jenis kolaboratif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan bentuk siklus berulang yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan (planing), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflecting) dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan). Teknik-teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) observasi; (2) Interview (3) dokumentasi; dan (4) pengukuran tes hasil belajar. Tehnik analisis data yang bersifat kualitatif yang terdiri dari hasil observasi dan dokumentasi dianalisis secara deskriptif kualitatif, sedangkan data yang berupa angka atau data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan cara menghitung nilai rata-rata dan prosentase dan kemudian dideskripsikan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan cooperative learning metode jigsaw dalam mata pelajaran PAI siswa kelas VII A SMPN 2 Kepanjen adalah membiasakan dengan pendekatan ini sesuai dengan prosedur cooperative learning metode jigsaw dan dilaksanakan dengan dua siklus, meningkatkan semangat belajarnya dan pemahamnya terhadap materi pelajaran memberikan arahan kepada siswa baik secara individu maupun kelompok dan mengelola secara efisien. Peran cooperative learning metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Kepanjen sebagaimana yang telah peneliti lakukan, terbukti dengan penerapan cooperative learning metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa memuaskan dari kegiatan belajar mengajar pada observasi awal, siklus I dan siklus II. Indikator peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan , siklus I sampai siklus II terus meningkat. Terdapat peningkatan pada prestasi belajar siswa yang semula nilai rata-rata pada pre tes sebesar 67,63 pada siklus I sebesar 75,26 meningkat 11 %, siklus II sebesar 80,13 meningkat 18 %.
Saran yang diberikan adalah bagi sekolah diharapkan agar cooperative learning metode jigsaw ini diterapkan di dalam kegiatan belajar mengajar pada bidang studi PAI, karena berdasarkan hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Bagi guru PAI diharapkan agar dalam penerapan cooperative learning metode jigsaw benar-benar efektif, guru harus mengikuti prosedur atau cara-cara penerapan metode jigsaw, berusaha untuk mengubah kebiasaan belajar siswa dengan memberi pengertian tentang cooperative learning metode jigsaw . Bagi siswa, agar siswa selalu antusias dalam kegiatan belajar mengajar, lebih jujur dan percaya diri dengan kemampuannya, menghargai pendapat orang lain, berani bertanya, menjawab dan berargumen, membiasakan aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Bagi penulis, mempunyai wawasan dan pengalaman praktis di bidang penelitian sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sahlan, Asmaun | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Cooperative Learning Metode Jigsaw; Prestasi Belajar PAI | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45581 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |