Hidayati, Nurul (2010) Hubungan antara pengelolaan Perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Lawang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110076.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (929kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Keberadaan perpustakaan sangat penting karena perpustakaan adalah merupakan “jantung dari pendidikan” yang menghidupkan sekolah dimana pendidikan itu dilangsungkan, keberadaan perpustakaan di lingkungan sekolah merupakan keharusan demi terciptanya proses pembelajaran yang baik dan dapat di pertanggung jawabkan secara akademik. Oleh karenanya secara operasional, pengelolahan perpustakaan harus benar-benar diposisikan secara tepat.
Dalam belajar, motivasi memegang peranan yang penting. Motivasi merupakan pendorong siswa dalam belajar. Oleh karena itu peneliti mengambil rumusan masalah 1. Bagaimana pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri lawang, 2. Bagaimana motivasi belajar siswa dengan adanya perpustakaan di MTs Negeri lawang 3. Apakah ada hubungan antara pengelolaan perpustakaan dengan motivasi belajar siswa di MTs Negeri Lawang.
Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Untuk pengelolaan perpustakaan sekolah yang ada di MTs Negeri Lawang, untuk mengetahui beberapa hal tentang motivasi belajar siswa dengan adanya perpustakaan di MTs Ne MTs Negeri lawang,.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenisnya berupa korelasi yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan antara dua variabel. Metode pengumpulan data berupa angket, dokumentasi dan observasi. Dari populasi sebanyak 265 siswa, sehingga yang dijadikan sampel berjumlah 70 siswa atau 25%. Analisa data yang digunakan adalah chi-square dengan menggunakan komputer program SPSS for Windows.
Hasil dari korelasi motivasi belajar dan pengelolaan perpustakaan, dipilih tingkat signifikansi 0,05 Nilai chi-square dengan tingkat signifikansi 0,05 adalah 0,05;(3-1) (5-1)=15,51(nilai chi-square tabel) Penarikan kesimpulan: tolak Ho, terima Ho. Dari out put terlihat bahwa nilai chi-square hiting adalah 13.196 yang mana nilainya kurang dari chi-square tabel sebesar 15,51. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara motivasi belajar dengan pengelolaan perpustakaan di MTs Negeri Lawang,
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimun, Agus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengelolaan Perpustakaan; motivasi belajar siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45575 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |