Rahmawati, Farida (2009) Strategi Guru dalam pengelolaan kelas untuk meningkatkan kualitas Pembelajaran PAI di SMK Negeri I Kademangan Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120055.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (588kB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Fokus Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan “Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran PAI”. Peranan guru sebagai manajer dalam kegiatan belajar di kelas sudah lama diakui sebagai salah sataktor yang penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru sebagai tenaga profesional, dituntut tidak hanya mampu mengelola pembelajaran saja tetapi juga harus mampu mengelola kelas, yaitu menciptakan dan mempertahankan kondisi belajar yang optimal bagi tercapainya tujuan pengajaran. Oleh karena itu sejalan dengan upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu di semua jenjang pendidikan, penerapan strategi pengelolaan kelas dalam pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang diyakini dapat digunakan untuk memecahkan persoalan yang mendasar dari permasalahan pendidikan di tanah air.
Untuk mendapatkan kepastian maka diambil rumusan masalah bagaimana strategi guru dalam pengelolaan kelas, Bagaimana dampak penerapan strategi pengelolaan kelas terhadap kualitas pembelajaran, serta faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pada pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI di SMK Negeri I Kademangan Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi guru dalam pengelolaan kelas, Untuk menjelaskan dampak penerapan strategi pengelolaan kelas terhadap kualitas pembelajaran PAI, serta Untuk menjelaskan Faktor yang mendukung dan menghambat pada pengelolaan kelas dalam meningkatan kualitas pembelajaran PAI di SMK Negeri Kademangan Blitar.
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu peneliti mengamati dan berinteraksi dengan guru PAI, kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana dan prasarana serta siswa di SMK Negeri Kademangan Blitar dengan interview dan mencari data dengan meminta dokumentasinya.
Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, Strategi yang dilakukan guru yaitu dengan pengaturan kondisi dan situasi belajar mengajar yang berupa pengaturan ruangan, pengaturan tempat duduk, ventilasi dan pengaturan barang-barang. pengaturan hubungan interpersonal yang baik guru-peserta didik dan antar peserta didik dengan menciptakan situasi yang menyenangkan. Kualitas pembelajaran PAI sudah baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PAI yang dapat dilihat dari segi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran berupa perilaku pembelajaran guru, dan dampak belajar siswa, iklim pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan sistem pembelajarannya, Faktor pendukung yaitu menggunakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), bangunan dan sarana kelas sudah memadai, guru bersifat demokratis adil dan obyektif, Sedangkan penghambatnya yaitu adanya sebagian tempat duduk yang rusak dan belum sampai diperbaiki, peserta didik yang kurang memenuhi tugas dan haknya, serta guru yang kurang memahami tingkah laku peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasin, Ahmad Fatah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar; Siswa | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:40 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45476 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |