Permatasari, Dina (2009) Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan solusinya pada anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Idayu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04120035.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia, karena dengan pendidikan manusia dapat berkembang. Pendidikan agama Islam sebagai bagian dari pendidikan merupakan salah satu bidang studi yang ada di lembaga pendidikan umum dengan tujuan membantu manusia memperoleh kehidupan yang bermakna hingga diperoleh kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat, baik secara individu maupun kelompok. Berkaitan dengan adanya pendidikan agama Islam anak dituntut untukbelajar guna mencapai kemajuan yang diharapkan. Begitu pula halnya dengan para penyandang autis, mereka sangat memerlukan arahan, bimbingan, dan pendidikan yang intensif agar dapat tumbuh dan berkembang seperti anak normal pada umumnya sehingga pada akhirnya mereka mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Namun di sisi lain, hal ini menuntut semua sistem yang terkait dengan pendidikan bagi penyandang autis menghadapi berbagai kendala tentang keunikan-keunikan karakteristik penyandang autis.
Berdasarkan fenomena tersebut, maka skripsi ini berjudul Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Solusinya pada Anak Autis di SLB IDAYU Malang dengan rumusan masalah (1) Bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis? (2) Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis? (3) Apa upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis? Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis. (2) Mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis. (3) Menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada anak autis.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan peran serta (participant obcervation), wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara pengolahan data dan analisis data. Pengecekan kredibilitas data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat, dan pengecekan anggota.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah semua komponen yang terkait dengan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak autis harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak autis. Problematika yang muncul adalah alokasi waktu untuk pembelajaran pendidikan agama Islam yang relatif kurang, peserta didik yang tidak bisa menulis huruf hijaiyah berangkai atau surat-surat pendek dan mudah berubah kepatuhan dan konsentrasinya, lingkungan keluarga (orang tua yang kurang kooperatif dengan sekolah) dan kebisingan yang sering muncul karena lokasi sekolah yang dekat dengan bandara Abdurrahman Saleh, fasilitas sekolah yang sering hilang, dan ketiadaan tenaga administrasi. Upaya yang dilakukan adalah pembelajaran iqra guna menunjang pembelajaran pendidikan agama Islam, menuliskan huruf hijaiyah berangkai dengan penulisan Indonesia, selalu berusaha menjalin kerja sama dengan orang tua baik dengan buku penghubung atau komunikasi secara langsung, menambah keamanan sekolah dengan mempekerjakan tenaga penjaga dan memagari seluruh lokasi sekolah, serta membagi tugas administrasi secara merata kepada seluruh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rasmianto, Rasmianto | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Solusi; Anak Autis | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45418 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |