Hayati, Nafi’ Fadlilah (2010) Manajemen kelas dalam meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06110040.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, diperlukan peningkatan dan penyempurnaan dalam pendidikan, yang berkaitan erat dengan peningkatan mutu Proses Belajar Mengajar secara operasional yang berlangsung di dalam kelas. Oleh karena itu, diperlukan Manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Manajemen Kelas merupakan upaya mengelola siswa di dalam kelas yang dilakukan untuk menciptakan suasana atau kondisi kelas yang menunjang program pengajaran, agar siswa ikut terlibat dan berperan serta dalam proses pendidikan di sekolah. Di samping itu, Proses Belajar Mengajar dapat terwujud dengan baik apabila terdapat interaksi yang komunikatif antara guru dengan siswa, sesama siswa maupun dengan sumber belajar lainnya. Dalam Manajemen Kelas, guru sebagai pemeran utama yang sangat menentukan berhasil tidaknya siswa dalam belajar, harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana kondusif di dalam kelas. Dengan adanya guru yang berkompeten dan berkualitas diharapkan mampu dalam menciptakan suasana belajar yang efektif dan efisien di dalam kelas, khususnya pada materi PAI.
Berpijak dari latar belakang di atas, maka penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Perencanaan Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen, untuk mengetahui Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen, dan untuk mengetahui evaluasi Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar PAI di SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam rangka memperoleh data yang dibutuhkan, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menganalisis data dengan memaparkan dan menafsirkan data yang diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak-pihak yang terkait kemudian data dianalisis lebih lanjut secara intensif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1.Perencanaan Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen adalah: a. Analisis Masalah Manajemen Kelas: 1) Masalah individual: siswa tidak mempunyai buku pegangan sendiri; kurangnya konsentrasi siswa terhadap pelajaran; siswa kurang aktif; menarik perhatian orang lain, 2)Masalah kelompok: sebagian siswa mereaksi negatif terhadap salah seorang anggotanya, beberapa kelompok siswa cenderung mudah dialihkan perhatiannya dari tugas yang tengah dikerjakan dan semangat belajar rendah. b. Desain Kegiatan Belajar Mengajar: 1) menyusun silabus disesuaikan dengan karakteristik materi; 2) menyusun RPP disesuaikan dengan karakteristik, potensi,, kebutuhan dan keinginan siswa, 3) Strategi pembelajaran: a) memilih cara belajar mengajar yang efektif; b) menggunakan metode yang bervariasi; c) memberikan contoh yang baik terhadap siswa, 4) pengembangan sumber belajar: memanfaatkan kelas dan masjid. 5) pengembangan bahan ajar: membuat buku diklat/rangkuman. 2.Pelaksanaan Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen adalah: a.tindakan-tindakan dalam manajemen kelas: 1) membuat buku diklat/rangkuman; 2) memotivasi siswa agar konsentrasi pada pelajaran; 3) merangsang siswa agar aktif di kelas. b. Iklim/suasana kelas: 1) ruang kelas cukup memadai; 2) pengaturan tempat duduk dibuat bervariasi. 3) ventilasi, pengaturan cahaya serta penyimpanan barang-barang di dalam kelas baik. c.Metode: ceramah, drill, tanya jawab interaktif, dan peragaan, disesuaikan dengan kondisi waktu itu d. Media: buku, Lembar Kerja Siswa (LKS), LCD, dan OHP, memfasilitasi siswa dalam belajar. e. Pola interaksi: interaksi edukatif antara personal. 3. Evaluasi Manajemen Kelas dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen adalah: meningkatkan hasil belajar siswa.
Dari hasil penelitian ini, saran-saran yang diharapkan penulis adalah: (1) Bagi seluruh warga SMA Muhammadiyah 1 Kepanjen, baik Kepala Sekolah, para guru, dan siswa hendaknya selalu berupaya untuk ikut serta dalam meningkatkan kualitas pendidikannya semaksimal mungkin. (2) Bagi peneliti lanjutan, hendaknya hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi dan diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih baik dan lebih sempurna tentang Manajemen Kelas dalam meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kelas; Efektifitas Proses Belajar Mengajar; PAI | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 26 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 26 Jan 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45398 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |